PASAR MODAL

Sabtu, 10 Maret 2012 | 18:16 WIB

Inilah 7 Pemilik Hedge Fund Terkaya 2012

Mosi Retnani Fajarwati
Inilah 7 Pemilik Hedge Fund Terkaya 2012
IST

INILAH.COM, Jakarta - Forbes kembali melansir daftar orang terkaya di dunia tahun ini, 36 di antaranya pemilik perusahaan pengelola investasi global (hedge fund).

Seperti dikutip dari Forbes, Sabtu (10/3/2012), tahun lalu adalah tahun kedua terburuk bagi industri tersebut akibat volatilitas harga komoditas, ekuitas, dan krisis utang Eropa yang menganggu kondisi ekonomi global. Akibatnya nilai hedge funds turun 5% tahun lalu. Namun bagi sebagian pengusaha tidak terguncang signifikan.

Miliarder hedge fund teratas versi Forbes adalah George Soros dengan nilai kekayaan US$20 miliar. Pada tahun 2011, Soros Fund Management berhasil mengembalikan US$1 miliar bagi investor global.

Posisi kedua ditempati Carl Icahn dengan kekayaan mencapai US$14 miliar. Saat ini Icahn Capital Management mengelola aset sekitar US$5 miliar dan berhasil mengembalikan dana sekitar 35% dari kerugian 2011, dengan keuntungan pribadi US$2 miliar.

Posisi ketiga ditempati John Paulson dengan kekayaan turun US$3,5 miliar dari tahun lalu, menjadi US$12,5 miliar. Posisi selanjutnya adalah Ray Dalio, pendiri Wesport, Connecticut yang berbasis Bridgewater Associates. Dalio mengantongi kekayaan bersih senilai US$10 miliar.

Selanjutnya Chase Coleman, dengan nilai kekayaan US$1,1 miliar. Perusahaan miliknya Tiger Global Management berhasil mendatangkan keuntungan hingga 45% tahun lalu. Dua terakhir adalah pendatang baru di bisnis ini yaitu David Einhorn, pemilik Greenlight Capital, dan Paul Singer pemilik Elliot Management dengan kekayaan masing-masing US$1,1 miliar dan US$1 miliar.

#orang terkaya di dunia #manajer hedge fund #forbes
BERITA TERKAIT
Kartu Kredit Topang Transaksi di Singles Day
SMP Binaan AALI Mampu Berprestasi Skala Nasional
Buffett Kurangi Saham Apple, Beli Saham Tambang
Permintaan Minyak Mentah Naik Jadi 1,1 Juta Barel
Wow! Utang Global Kian Naik Jadi US$250 Triliun
Isu Perang Tarif Bawa Harga Minyak Naik Hampir 2%
Rekor di Bursa Saham Tekan Harga Emas

kembali ke atas