EKONOMI

Senin, 12 Maret 2012 | 21:22 WIB

Menkeu: Penyatuan Waktu Jaga Produktivitas

Mosi Retnani Fajarwati
Menkeu: Penyatuan Waktu Jaga Produktivitas
Menteri Keuangan Agus Martowardojo inilah.com/Ardy fernando

INILAH.COM, Jakarta - Menteri Keuangan Agus Martowardojo mendukung rencana penyatuan wilayah waktu Indonesia. Namun dengan syarat harus melalui kajian mendalam terlebih dahulu.

"Kalau saya tiga waktu diubah, rasanya setuju, tapi jadi dua atau jadi satu," tutur Menkeu di Gedung DPR, Senin (12/3/2012).

Namun ia menilai, rencana ini harus dimatangkan terlebih dahulu. Pasalnya, wilayah Indonesia luas dan terdiri dari banyak pulau.

"Tentu bisa kita bicarakan tetapi bahwa di Indonesia Barat khususnya Sumatera Barat, Sumatera Utara, kemudian jamnya adalah satu jam di belakang Singapura. Kurang tepat gitu jadi istilahnya, seperti kita kurang agresif menjaga produktivitas," tandasnya.

Saat ini, Kementerian Koordinator Perekonomian sedang mematangkan rencana menyatukan wilayah waktu Indonesia dari tiga zona waktu menjadi satu zona yang setara dengan GMT+8 atau delapan jam lebih cepat dari standar waktu internasional di Greenwich, dengan pertimbangan akan mempercepat pertumbuhan ekonomi di Indonesia karena aktivitas ekonomi bisa dilakukan lebih dini setiap harinya.

Saat ini Indonesia terbagi ke dalam tiga zona waktu, yakni waktu Indonesia bagian timur, waktu Indonesia bagian tengah, dan waktu Indonesia bagian barat. Saat waktu Indonesia bagian timur menunjukkan pukul 08.00, di daerah dengan waktu Indonesia bagian tengah masih pukul 07.00 dan di daerah dengan waktu Indonesia bagian barat masih pukul 06.00. [hid]

#penyatuan zona waktu #Agus Martowardojo
BERITA TERKAIT
Seribu Janji Saudara Tua Garap Kendaraan Listrik
Erick Dorong Milenial Berakhlak Jadi Bos BUMN
Ini Cara Menteri LHK Ajak Anak SD Cinta Lingkungan
Aktor Illegal Logging TN Sebangau Ditangkap
Gakkum LHK Tersangkakan Penyelundup Gading Gajah
Harga CPO Naik, HIP Biodiesel Jadi Rp7.914/Ltr
Pemerintah Siapkan RUU Bagi Peningkatan Investasi

kembali ke atas