EKONOMI

Rabu, 14 Maret 2012 | 19:17 WIB

Hatta: Penyatuan Zona Waktu Bisa Hemat Energi

Mosi Retnani Fajarwati
Hatta: Penyatuan Zona Waktu Bisa Hemat Energi

INILAH.COM, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengungkapkan, penyatuan zona waktu Indonesia akan menekan penggunaan energi.

Hatta mengatakan, dengan adanya penyatuan zona waktu maka jam kerja masyarakat Indonesia lebih awal sehingga diharapkan bisa menimbulkan keuntungan dari sisi ekonomi yang lebih baik.

"Makanya, saya senang kalau mulai bekerja itu jam tujuh. Jadi, kan kita jam enam sudah siap di rumah. Sudah terang benderang jam enam itu, apalagi jam tujuh," tutur Hatta di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rabu (14/3/2012).

Selain itu, lanjut Hatta, penyatuan zona waktu tersebut akan memicu penghematan energi. "Yang kedua terjadi penggunaan energi. Pasti orang akan bangun lebih cepat, matikan ini, segala macam, traffic akan lebih hemat, tidak ruwet," ungkapnya.

Saat ini, Kementerien Koordinator Bidang Perekonomian tengah mematangkan rencana penyatuan wilayah waktu Indonesia dari tiga zona waktu menjadi satu zona waktu yang setara dengan GMT+8 atau 8 jam lebih cepat dari standar waktu internasional di Greenwich.

Wacana tersebut, dengan pertimbangan akan mempercepat pertumbuhan ekonomi di Indonesia karena aktivitas ekonomi bisa dilakukan lebih dini tiap harinya. [hid]

#zona waktu #jam perdagangan #hemat energi #Hatta Raj
BERITA TERKAIT
Jokowi Resmikan Kawasan Marina Bay Labuan Bajo
Distribusi Tertutup LPG 3 Kg Dinilai Belum Siap
Labuan Bajo Dipersiapkan untuk Acara Internasional
Kunjungi Kilang Balikpapan, Menaker Ida Apresiasi
Jokowi Ingin Labuan Bajo Jadi Wisata Kelas "Wah"
Pasokan Jagung Untuk Pakan Awal Tahun 2020 Aman
Arifin Janjikan 12 Proyek Migas Digarap Tahun Ini

kembali ke atas