GAYA HIDUP

Selasa, 20 Maret 2012 | 08:05 WIB

Inilah Tanda Makanan Saat Kedaluarsa

Dahlia Krisnamurti
Inilah Tanda Makanan Saat Kedaluarsa
IST

INILAH.COM, Jakarta - Makanan pokok seperti ayam, daging, dan telur jika terlalu lama disimpan di kulkas juga akan mengalami apa yang disebut kedaluarsa.

Nah, seperti dikutip Ehow, berikut tanda-tanda beberapa makanan pokok saat kedaluarsa.

Ikan

Biasanya akan mulai rusak jika lebih dari tiga hari. Sebelum mulai membusuk, pada umumnya ikan akan mengeluarkan bau tidak sedap yang sangat kuat.

Selain itu Anda bisa melihat perubahan warna, seperti warna ikan yang terlihat coklat, kusam, atau sedikit kekuningan. Jika salah satu tanda tersebut mulai manpak, hentikan niat Anda untuk mengolahnya.

Telur

Buatlah sedikit retakan pada telur, kemudian letakan telur di dalam wadah yang berisi air. Jika telur terlihat mengeluarkan udara dari dalam, itu merupakan sebuah petanda bahwa telur mulai rusak.

Daging

Perhatikan permukaan daging, waspadalah jika daging telah kebiruan, tercium aroma yang tidak sedap dan mengeluarkan banyak lendir.

Ayam

Menyimpan ayam disarankan jangan lebih dari 48 jam. Hindari juga membekukan ayam dalam waktu enam bulan. Sebab, ayam akan mengeluarkan bau asam atau bau seperti amoniak, perubahan warna atau tekstur yang licin merupakan indikator ayam sudah rusak. [mor]

#makanan #kedaluarsa #daging
BERITA TERKAIT
(Logistik untuk Jemaah Haji Indonesia) Pastikan Keamanan Makanan Katering Madinah
Waspada, Ini Komplikasi dari Influenza
Influenza jadi Salah Satu Sebab Kematian Lansia
Atasi Anak Putus Sekolah Agar Tak jadi Beban
(Dalam Lima Tahun) Inilah Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat
Menkes Keluarkan Indeks Pembangunan Kesehatan
Wisatawan di Bangka Belitung Terjadi Peningkatan

kembali ke atas