NASIONAL

Rabu, 13 Juni 2012 | 08:34 WIB

Jelang Pelantikan, Nafsiah Mboi Dapat Dukungan

Agus Rahmat
Jelang Pelantikan, Nafsiah Mboi Dapat Dukungan
inilah.com/ist

INILAH.COM, Jakarta - Dr.Nafsiah Mboi SpA,MPH merupakan calon terkuat untuk menduduki kursi sebagai Menteri Kesehatan menggantikan almarhumah Endang Rahayu Sedyaningsih yang meninggal karena penyakit kanker beberapa waktu lalu.

Bagi Wakil Ketua Komisi IX (bidang kesehatan, tenaga kerja) DPR, Nova Rianti Yusuf, sosok Nafsiah sangat tepat menduduki posisi Menkes. "Kalau Nafsiah Mboi track record-nya baik sekali," kata Nova kepada INILAH.COM, Rabu (13/6/2012).

Nafsiah Mboi lahir di Sengkang, Sulawesi Selatan, 14 Juli 1940. Dia merupakan seorang dokter spesialis anak yang mendapat gelar MPH di Belgia. Dia juga aktif di bidang HAM dan pernah menjadi ketua komite hak-hak anak untuk PBB. Di bidang pemerintahan, Nafsiah Mboi pernah menjadi anggota MPR RI periode 1982-1987. Sekarang, menjabat sebagai Wakil Ketua Komnas perempuan.

Nova, yang merupakan politisi Partai Demokrat ini mengaku terkesan ketika dalam beberapa kesempatan bersama dengan Nafsiah. "Dalam beberapa tahun belakangan ini, saya banyak berkolaborasi dengan beliau untuk isu HIV/AIDS," kata Nova.

Menurut alumnus UI ini, cara-cara yang dilakukan oleh Nafsiah sangat bagus dalam memberikan pendidikan terhadap masyarakat. Dengan begitu, masyarakat bisa menerima masukan dan pelajaran dari Nafsiah. "Cara-cara bu Naf memperjuangkan para ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) begitu empatik," pintanya.

Walau demikian, lanjut Nova Riyanti, siapapun yang akan menjadi Menkes apakah Nafsiah atau yang lainnya, merupakan kewenangan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. "Nama Menkes hak preogratif Presiden, sampai resmi diumumkan," katanya.

Seperti yang diketahui, hari Rabu (13/6/2012) ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan melantik Menteri Kesehatan definitif, dua kepala Badan Pemerintah dan Wakil Menteri. Pelantikan akan dilaksanakan di Istana Bogor.

Sejumlah nama yang disebut-sebut adalah Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang selama ini kosong disebut-sebut Chatib Basri, dan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang selama ini dijabat oleh Joyo Winoto, akan digantikan oleh Hendarman Supandji. [gus]

#pelantikan #menteri #nafsiah mboi #menkes
BERITA TERKAIT
(Ungkap Sabu 12 Kg) Kapolda Puji Kinerja Satreskrim Polres Surabaya
Insentif Guru TPQ di Tuban Bakal Naik 100 Persen
Cari Kijing, Radit Tewas Tenggelam
Ratusan Ribu Butir Narkoba di Kediri Dibakar
Kejati Tahan Eks Direksi PT Jamkrida Jatim
Pasutri di Kediri Curi HP di Kampung Inggris
Jual Narkoba Senilai Rp5 M, Imam Dijanjikan Rumah

ke atas