POLITIK DAN PEMERINTAHAN

Senin, 01 Oktober 2012 | 18:29 WIB

Warga Ingin Cimanggung Diubah Jadi Parakanmuncang

Vera Suciati
Warga Ingin Cimanggung Diubah Jadi Parakanmuncang
istimewa

INILAH.COM, Sumedang - Kecamatan Cimanggung akan berubah nama menjadi Parakanmuncang. Perubahan ini diusulkan warga Kecamatan Cimanggung yang mengajukannya ke bupati.

Pemkab Sumedang sendiri mengakomodir usulan tersebut dan mencantumkannya pada Raperda Penataan Wilayah Kecamatan yang kini sedang dibahas DPRD Sumedang.

Pergantian nama kecamatan tersebut berlatar belakang karena masyarakat luas lebih mengenal nama Parakanmuncang dibanding dengan Cimanggung, dan juga masyarakat berpendapat sejarah Parakanmuncang sebagai nama kabupaten lebih dulu dibadingkan dengan penamaan Cimanggung bahkan dengan Kabupaten Sumedang, kata salah satu tokoh masyarakat dari Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Dedi Supriatna, Senin (1/10/2012).

Menurut Dedi, nama Parakanmuncang merupakan sisa sejarah Sumedang tempo dulu yang merupakan nama kabupaten sebelum kemudian masuk menjadi bagian dari Sumedang.

Pada tahun 1986, masyarakat sudah menginginkan nama Parakanmuncang menjadi nama kecamatan menggantikan nama Cimanggung, kata Dedi.

Dedi melanjutkan, hal yang lebih penting bagi masyarakat adalah unsur sejarah yang ada dalam nama Parakanmuncang. Parakanmuncang sebagai sebuah Kabupaten bahkan sebelum Kabupaten Sumedang berdiri patut diingat sebagai sebuah nilai sejarah.

Perubahan relevan apalagi Kabupaten Sumedang sekarang sedang menggalakkan budaya dalam program Sumedang Puseur Budaya Sunda (SPBS), salah satunya adalah sejarah. Sangat mungkin Cimanggung diubah menjadi Parakanmuncang. Mengenai konsekuensi seperti administratif pasti ada, tapi nilai sejarah lebih penting, kata Dedi.

Sementara, Wakil ketua Komisi A DPRD sebagai Ketua Pansus Penataan Wilayah Naya Sunarya mengatakan, perubahan nama kecamatan ini dimungkinkan apalagi masyarat sendiri yang menginginkan. Tetapi, dia melanjutkan, perubahan nama ini pada waktu yang singkat hanya baru bisa disepakati.

Pergantian nama ini menunggu Pilkada dan Pilpres terlebih dahulu karena secara administratif pasti akan sulit. Pada pilkada sekarang KPU sudah melaporkan nama Cimanggung sebagai daerah pemilihan, kata Naya.

Naya melanjutkan, perubahan nama ini tentu saja akan berdampak pada administrasi, dan perubahan nama ini jangan sampai membebani masyarakat sendiri misalnya dalam hal pengurusan administrasi kartu tanda penduduk (KTP). Dampaknya terhadap surat menyurat, pemerintah akan membicarakan dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcasip) tentang pembuatan e-KTP sehingga tidak membebankan masyarakat.

Nanti setelah pergantian nama ini disepakati, secara teknis dituangkan dalam peraturan daerah (perda), yang penting kita sepakat dahulu, tandasnya.[ang]

#warga #cimanggung #parakanmuncang #sumedang
BERITA TERKAIT
Aguero dan De Bruyne Mungkin Main Lawan Everton
Rasulullah Minta Umatnya Berjalan Kaki ke Masjid
Profesor Geothermal Selandia Baru Puji Kamojang
Barca Disarankan Mulai Berusaha Rekrut Isco
Batik Air Buka Rute Jakarta-Banyuwangi
Tim Prabowo Anggap Aneh Kotak Suara dari Kardus
(Jokowi Ganti Nama) MUI: Nama Itu Sebuah Doa dan Keindahan

ke atas