GAYA HIDUP

Selasa, 04 Maret 2014 | 20:35 WIB
(Bulir Padi Shop for School)

Beasiswa Pendidikan Anak-anak Prasejahtera

Arief Bayuaji
Beasiswa Pendidikan Anak-anak Prasejahtera
(Foto: inilahcom/Riset)
INILAHCOM, Jakarta - Bulir Padi Shop for School: Charity Online Store Pertama di Indonesia. 100 persen hasil penjualan untuk beasiswa pendidikan anak-anak keluarga prasejahtera.

"Bulir Padi Shop for School merupakan salah satu usaha fundraising proaktif untuk mendukung pemberian beasiswa pendidikan kepada anak-anak yang berasal dari keluarga prasejahtera di Jakarta. Sejak tahun 2002, Bulir Padi telah memberikan beasiswa pendidikan ke 500 anak. Sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat yang profesional, Bulir Padi harus melakukan usaha-usaha fundraising proaktif untuk mendukung kesinambungan kegiatan-kegiatan sosial kami," ujar Tia Sutresna salah seorang pendiri dan Ketua Bidang Program & Kegiatan Yayasan Bulir Padi di Jakarta, baru-baru ini.

Sejauh ini Bulir Padi Shop for School juga menyediakan halaman khusus bagi perancang mudaIndonesia, yang donatur.

"Para perancang menjual produk-produknya di situs ini. Hasil penjualan produk para perancang, minimal 20 persen dari hasil penjualan, akan diberikan ke pada Bulir Padi untuk mendanai program beasiswa pendidikan anak binaan. Hingga saat ini, mitra kerjasama Bulir Padi adalah rumah mode batik Happy Batik dan perancang aksesoris wanita Tea for Two," jelas Tia.


"Tujuannya anak-anak, khususnya anak-anak binaan Bulir Padi tak putus sekolah, tetap bisa mendapatkan pengajaran yang layak sehingga mereka dapat berkembang menjadi pribadi yang mandiri," terang Tia.

Tak hanya itu, program berfokus bagi ibu tunggal berkendala finansial untuk menghidupi keluarga dan membayar biaya sekolah anak menggunakan penghasilan sektor informal. Kelompok ibu tunggal yang Bulir Padi bantu, antara lain penjual mie ayam keliling dan pemilik warung kopi. Biasanya mereka membutuhkan uang untuk membayar uang sekolah anak mereka.

"Bulir Padi memberikan beasiswa yang merit-based, yaitu memberikan dana bantuan pendidikan berdasarkan prestasi, nilai rata-rata siswa, dan latar belakang ekonomi keluarga. Penilaian komprehensif ini dirangkum dari hasil wawancara langsung dan survei lapangan untuk melihat rumah dan lingkungan tempat tinggal anak tersebut," kata Tia.

"Bulir Padi meyakini akses pendidikan layak dan pendidikan berkualitas merupakan salah satu kunci dari upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Bulir Padi menggunakan merit-based scholarship untuk meratakan dan memperluas akses pendidikan," imbuh Tia.

Terakhir kali, Tia mengatakan, "Untuk mendukung penyaluran beasiswa dan kegiatan belajar anak-anak binaan, Bulir Padi baru-baru ini juga membangun taman bacaan masyarakat Pustaka Bulir Padi. Pustaka Bulir Pad mengumpulkan lebih 1.000 buku melalui program penggalangan buku Bulir Padi Book Drive. Pustaka Bulir Padi terletak di Lapangan Rengas, Terusan Belibis, Palmerah, Jakarta Barat dan terbuka untuk anak-anak binaan Bulir Padi dan keluarga serta masyarakat sekitar." [aji]
#bulir padi shop for school
BERITA TERKAIT
Ini Upaya Kalteng Tingkatkan Sektor Pariwisata
Remaja Putri Kini Tak Lagi Pusing Cari Pakaian
Presiden Joko Widodo Membuka MUFFEST 2018
Kemenpar Dukung Festival Budaya Isen Mulang 2018
Puan Maharani Dukung Karya Samuel Wattimena
Kini Traveler Tak Lagi Dadakan Mencari Tiket
(Sambut Libur Lebaran) Mister Aladin Gelar Travel Fair 2018

ke atas