INSPIRASI

Sabtu, 13 Juni 2015 | 13:41 WIB

Figur Muda: Abenk Alter

Ratu Rima Novia Rahma
Figur Muda: Abenk Alter
Abenk Alter (foto: Yangmudacom/2015 Bonaventura) Yangmuda.com

Yangmudacom - Setelah memutuskan hengkang dari grup Soulvibe yang telah membesarkan namanya, Abenk kini menjadi solo artist dengan mengeluarkan album perdana bertajuk 'Selamat Datang'.

Tim Yangmudacom berkesempatan ngobrol-ngobrol seru bareng musisi bernama asli Rizki Ranadireksa ini. Abenk juga banyak banget ngasih bocoran tentang album pertamanya. Penasaran seperti apa seorang Abenk Alter menceritakan proses pembuatan Selamat Datang sampai kenapa doi bisa menjadi 'Abenk Alter'? Check this out, guys!

Halo Abenk, apa kabar? Lagi sibuk apa nih sekarang?

Halo, baik sekali, baik. Kalau ditanya sibuk, gue sukanya bilang sibuk berkesenian kali ya. Karena apa yang gue kerjakan sehari-harinya pasti seputar seni, berhubungan dengan seni, atau gue suka melihatnya seperti itu. He-he.

Wah, berarti Abenk hidupnya memang seputar seni ya. Seni apa aja sih yang Mas Abenk kerjakan?

Musik, itu udah pasti. Kalau dipecah musiknya, gue bikin lagu, terus gue bersama tim song-writing gue baru-baru ini aja memproduce seorang penyanyi Malaysia, trus promo Abenk Alter juga masih berjalan. Kalau di luar musik, paling ngegambar, ngelukis, desain juga masih tapi engga terlalu sering.

Abenk belum lama ini 'kan memutuskan untuk keluar dari Soulvibe dan menjadi penyanyi solo, apa sih alasannya?

Sebenernya, satu, gue pengen punya karir di creative industry sebagai seorang seniman. Dan untuk itu, membutuhkan sebuah pernyataan yang datang dari seorang Abenk, dan pasti gue punya idealisme yang engga selamanya bisa compromize dengan band. Kedua, gue juga memang udah lama bermimpi pengen punya album sendiri, yang dari awal gue cemplungin sendiri.

Proses peralihan Abenk sejak keluar sampai akhirnya punya album 'Selamat Datang' ini lama engga?

Relatif cepet sih. Gue keluar Mei, single pertama 'Lain Waktu' keluar Juni, album kelar Agustus. Yang lama itu proses pre-productionnya sih sebenernya. Dari mulai ngumpulin keyakinan, materi, brainstorming.

Di album solo perdana ini, siapa aja yang ikut terlibat?

Karena gue percaya mewujudkan sesuatu itu butuh kolaborasi. Walaupun inisiasi nya sendiri, tapi ada yang namanya melihat aset apa aja sih yang ada di sekitar kita. Nah itu termasuk dalam konteks temen-temen yang punya kapabilitas juga. Dan akhirnya ketemu beberapa temen-temen, tapi akhirnya jatuh di Ario Seto.

Waktu gue di Soulvibe pun, Ario itu kayak tandem gue dalam nyari ide, nulis lagu, apapun. Gue ngerasa seru banget kerjasama sama Ario, jadi dari situ gue mikir apa gue gaet Ario aja ya. Jadi di album ini, Ario jadi producer, gue co-producernya. Tapi gue juga cukup involve banyak banget ngeracunin dia dengan ide-ide gue.

Ini pertama kalinya Abenk bener-bener terjun langsung dalam proses produksi album. Ada pengalaman yang paling engga bisa dilupain?

Seru banget. Ini hal baru buat gue, dan ini juga hal baru buat Ario. Kita biasanya yang cuma sekedar ngobrol, sekarang lebih berbobot. Serunya juga, ini juga jadi hal yang personal banget buat kita.

Konsep apa sih yang pengen kamu share ke para pendengar lewat album 'Selamat Datang'?

Yang pasti gue pengen share nilai-nilai yang gue percaya sebagai seorang seniman. Di album ini gue pengen menawarkan sebuah kesenangan, dimana pas lo denger album ini, theres something yang bisa bikin lo senyum. Bukan cuma menghibur karena musiknya keren, tapi ada feeling yang bisa menyenangkan lo. Positive feeling, itu yang gue coba tawarkan. Makanya di album ini engga ada lagu cinta yang gue tulis buat bikin galau.

Kayak misalnya 'Lain Waktu', single pertama gue, walaupun itu tentang putus cinta, tapi yang gue pengen sampaikan adalah bahwa selalu ada lain waktu loh untuk hal yang lebih baik. Musiknya pun gue bikin untuk bikin lo ngerasa adem, menyejukkan. Jadi yang pengen gue share adalah positivity, fun, dan simplicity.

Trek favorit seroang Abenk dari album ini?

Semua lagu-lagu ini personal banget, jadi lo kayak dengerin diary nya Abenk aja. Jadi susah kalau disuruh pilih. Ha-ha. Mungkin 'Renungan Sayap' kali ya, karena gue belum pernah nulis lagu seperti itu sebelumnya, itu cukup deep.

Abenk hidupnya kan memang seputar seni, dari mulai nyanyi, nulis lagu, sampai visual art. Sejak kapan kamu mendalami bidang ini?

Art dan musik itu sebenernya berangkatnya bareng. Dari kecil gue suka gambar, trus les musik juga. Tapi sebagai profesional, itu musik duluan, jauh sebelum gue kuliah di Desain Komunikasi Visual (DKV). Gue udah ngeband dari SMP, dulu satu band sama Andien. Beberapa bulan kemudian, Andien ngeluarin album. Ha-ha. Tapi pada akhirnya gue percaya bahwa musik dan visual itu berhubungan, dan Alhamdulillah gue diberkati dengan kedua potensi ini.

Kalau seandainya seorang kamu engga jadi musisi, kira-kira sekarang mau ngapain?

Kalau engga jadi musisi? Gue pasti udah keliling dunia, pameran lukisan. Ha-ha.

Setelah mengeluarkan album pertama sebagai penyanyi solo, rencana ke depannya apa?

Kenapa gue ngeluarin album, bukan cuma single, karena impian gue bukan menjadi solo singer, tapi menjadi solo artist. Jadi album ini adalah artwork pertama gue, statement gue sebagai seorang seniman. Untuk ke depannya, yang jelas gue bakal terus berkarya dalam bidang seni, entah musik, produce album orang, atau visual.

Out of topic, penasaran nih kenapa sih nama Rizki Ranadireksa bisa berubah jadi Abenk Alter?

Nama Abenk itu sebenernya nama bully waktu SMP. Semenjak itu gue selalu dipanggil Abenk. Kalau Alter sendiri, dulu gue sempet punya project namanya 'The Alter', tapi engga berlanjut. Jadi pas gue pikir nama Abenk Alter bagus aja, singkatannya juga jadi AA, kata nyokap gue kayak nama panggilan gue di rumah. Ha-ha.

Pesan kamu untuk Yangmuda?

Pesen buat kalian, berani untuk jadi diri sendiri. Engga gampang, tapi itu sangat worth it pada akhirnya. Memang tidak mudah, tapi jadi diri sendiri adalah identitas kalian. Cari jati diri kalian, warna kalian, dan cintai apa yang kalian kerjakan.

Thank you Abenk Alter, sukses terus ke depannya! Dan buat kalian Yangmuda, jangan lupa beli album perdana Abenk Alter, Selamat Datang. Kalian bisa dapetin albumnya di iTunes, toko-toko musik, atau bisa pesan via email distore@abenkalter.comuntuk dapetin album bertanda tangan langsung dari Abenk Alter.

[sdp]

#figur muda #choices #abenk alter
BERITA TERKAIT
Aguero dan De Bruyne Mungkin Main Lawan Everton
Rasulullah Minta Umatnya Berjalan Kaki ke Masjid
Profesor Geothermal Selandia Baru Puji Kamojang
Barca Disarankan Mulai Berusaha Rekrut Isco
Batik Air Buka Rute Jakarta-Banyuwangi
Tim Prabowo Anggap Aneh Kotak Suara dari Kardus
(Jokowi Ganti Nama) MUI: Nama Itu Sebuah Doa dan Keindahan

ke atas