DUNIA

Minggu, 28 Mei 2017 | 02:15 WIB
(Kerusakan Sistem Komputer Global British Airways)

Pembatalan Penerbangan Juga Terjadi di Negara Lain

Pembatalan Penerbangan Juga Terjadi di Negara Lain
(ist)
INILAHCOM, London - Kerusakan pada sistem komputer yang menimpa British Airways menyebabkan jadwal penerbangan maskapai itu bermasalah di dua bandara London. Namun, ternyata pembatalan dan penundaan penerbangan pesawat British Airways bukan hanya terjadi di Inggris, namun di sejumlah negara lainnya.

BBC melaporkan bahwa ratusan penumpang British Airways terlantar di Bandara Heathrow dan Bandara Gatwick, di London, Inggris. Para penumpang bahkan harus terjebak antrean panjang saat hendak meninggalkan bandara, atau ketika mencoba meminta klarifikasi ke pusat penerangan atau call center British Airways.

Baca juga: British Airways Batalkan Semua Penerbangan di London

Rasa kecewa calon penumpang pun tertumpah melalui berbagai media sosial. Salah satunya lewat Twitter. Kekacauan juga terlihat melalui sejumlah video yang diposting BBC dari netizen.

"Saya sudah tiga jam berada di antrean hanya untuk meninggalkan terminal @British_Airways. Betul, hanya untuk keluar. Ada banyak orang di sini. Tidak ada supervisi," cuit Dan Abrams di Twitter.

Seorang penumpang menyampaikan bahwa penundaan penerbangan juga terjadi di Hong Kong. Selain itu menurut BBC, penerbangan British Airways yang bermasalah juga terjadi di Roma (Italia), Praha (Republik Ceko), Milan (Italia), Stockholm (Swedia), dan Malaga (Spanyol) karena kegagalan sistem komputer itu.


"Masih berada di sini! 4,5 jam di atas pesawat di gate yang berada di Stockholm. Bawa aku ke London!" tulis seorang penumpang British Airways, Rachel Hogan, yang memposting sebuah foto para penumpang yang menunggu di dalam pesawat.

Sementara itu wartawan BBC Martyn Kent yang berada di Bandara Heathrow mengaku telah duduk di atas pesawat selama 90 menit namun belum ada kepastian kapan pesawatnya akan terbang. Menurut dia, sang kapten pesawat menyatakan kepada penumpang ada masalah pada sistem komputer di British Airways yang dia sebut sebagai bencana besar.

Pihak British Airways melalui pernyataan tertulisnya telah meminta maaf atas kejadian ini.

"Kami meminta maaf atas 'pemadaman sistem secara global'. Kami akan terus berusaha memecahkan masalah ini. Kegagalan sistem IT utama menyebabkan gangguan yang sangat parah terhadap operasi penerbangan kami di seluruh dunia," kata British Airways.

Maskapai asal Inggris itu sebelumnya mengatakan jika jadwal penerbangan mereka di Inggris akan dibatalkan sampai Sabtu sore (27/5/2017) pukul 18.00 waktu setempat.

Namun, akhirnya maskapai tersebut membatalkan semua penerbangan sepanjang hari Sabtu dan menawarkan penumpang melakukan penjadwalan ulang atau mereka akan mengembalikan uang pembelian tiket.

Hanya jadwal penerbangan British Airways saja yang bermasalah. Pesawat-pesawat dari maskapai penerbangan lain bisa terbang atau pun mendarat dari Heathrow dan Gatwick seperti biasa.
#BritishAirways #batal #penerbangan
BERITA TERKAIT
Bom Meledak Saat Pertandingan Sepak Bola
Trump dan Abe Tak Hasilkan Persetujan Dagang
Cina Peringatkan Taiwan Lewat Latihan Militer
Raja Salman Terima Kunjungan Kardinal Katolik
Keluarkan Asap, Delta Airlines Mendarat Darurat
Calon Menlu AS Bertemu Muka Pemimpin Korut
Tujuh Pembantai Rohingya Dapat Amnesti Presiden?

ke atas