EKONOMI

Selasa, 09 Januari 2018 | 12:30 WIB

Sempurna, Cadev Desember 2017 Naik US$4,23 Miliar

Sempurna, Cadev Desember 2017 Naik US$4,23 Miliar
(Foto: inilahcom)
INILAHCOM, Jakarta - Bank Indonesia (BI) mencatat cadangan devisa Desember 2017 mencapai US$130,2 miliar. Atau naik US$4,23 miliar ketimbang November 2017.

Tambahan ini berasal dari penerbitan global bonds, serta pajak dan devisa ekspor migas yang menjadi bagian pemerintah. "Posisi cadangan devisa tersebut melampaui kebutuhan devisa terutama untuk pembayaran utang luar negeri pemerintah dan Surat Berharga Bank Indonesia (SBBI) valas yang jatuh tempo," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Agusman di Jakarta, Senin (8/1/2018).


"Posisi cadangan devisa pada akhir Desember 2017 tersebut cukup untuk membiayai 8,6 bulan impor atau 8,3 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor," lanjut Agusman.

Bank Sentral, kata Agusman, akan terus menjaga kecukupan cadangan devisa guna menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. Hal tersebut juga didukung perbaikan kondisi perekonomian domestik, kinerja ekspor, dan kondusifnya pasar keuangan global. [tar]

#BI #BankIndonesia #CadanganDevisa
BERITA TERKAIT
Suku Bunga Lambat Naik, Bos BI Ogah Disalahkan
BI Kerek Suku Bunga, Airlangga: Little Bit Late
Harga Naik, Inilah Prediksi Inflasi Mei dari BI
Sebentar Lagi, Bank Indonesia Punya Kantor di Cina
REI Minta BI Pikir-pikir Naikkan Suku Bunga Acuan
BI: Neraca Perdagangan RI Rajin Defisit
Utang Tembus Rp5.022 T Didominasi Negara & BI

ke atas