MOZAIK

Rabu, 10 Januari 2018 | 13:00 WIB

Cara Mandi Junub dengan Air Paspasan

Cara Mandi Junub dengan Air Paspasan
(Foto: ilustrasi)

Syaikh Abdul Aziz Ar Rajihiditanya seseorang, Jika saya junub, namun saya hanya memiliki sedikit air, apakah saya tetap mandi dengan air tersebut sebagaimana mandi junub ataukah saya bertayammum tanpa mencuci kemaluan?

Ulama itu mengatakan, jika seorang yang junub hanya mendapati air yang sedikit yang tidak mencukupi untuk mandi, maka wajib baginya untuk beristinja (mencuci kemaluan) dan berwudhu lalu bertayammum dengan thurab (debu yang ada di permukaan).

Jadi, beristinja dengan air tersebut untuk mencuci kemaluannya dan sekitarnya, lalu berkumur-kumur, mencuci muka dan kedua tangannya, lalu mengusap kepalanya dan kakinya. Jika masih ada air tersisa, maka digunakan untuk mencuci bagian tubuh yang lain. Setelah itu lalu ber-tayammum.

Ini berdasarkan firman Allah Taala: bertakwalah kepada Allah semampu kalian (QS. Ath Taghabun: 16). Berdasarkan ayat ini maka lakukanlah yang bisa dilakukan.[]

Sumber: Fatawa Munawwaah Syaikh Abdul Aziz Ar Rajihi, 8/47.

Catatan: Demikian ini adalah pendapat madzhab Hambali dan Syafii, dan merupakan pendapat yang lebih hati-hati insya Allah.Hal di atas dilakukan jika air tidak cukup untuk membasuh seluruh anggota badan. Jika air yang sedikit masih cukup untuk membasuh semua anggota badan, maka itu sudah sah untuk mandi janabah.

#Junub #MandiWajib #AirSedikit
BERITA TERKAIT
Haruskah Istri Takut kepada Suami?
Seseorang Bersama dengan yang Dicintainya
Sembilan Hubungan Terlarang Pria dan Wanita
Hati Ingin Nyaman Bersama Orang Lain? Ini Caranya
Ilmu Menghadirkan Takut Kepada Allah
Indahnya Islam, Hal Kecil yang Berfaidah Besar
Palestina, Syair Getirku

kembali ke atas