PASAR MODAL

Jumat, 19 Januari 2018 | 14:16 WIB
Highlight

Bagaimana Jika AS Terpaksa Shutdown Lagi?

Wahid Ma'ruf
Bagaimana Jika AS Terpaksa Shutdown Lagi?
(Foto: AP)
1 2 3 4 5 6 7


INILAHCOM, New York - Presiden Donald Trump dan pemimpin Partai Republik di Kongres berlomba untuk memenuhi tenggat waktu Jumat tengah malam (19/1/2018) waktu AS untuk mengeluarkan tagihan pengeluaran jangka pendek.

Tujuannya agar pemerintah AS membuka dan mencegah lembaga-lembaga tidak beroperasi. Selama penutupan pemerintah, karyawan di ketiga cabang pemerintahan rentan terhadap cuti, atau cuti sementara yang tidak dibayar. Pekerja "penting" lainnya, termasuk mereka yang menangani keamanan publik dan keamanan nasional, terus bekerja, beberapa dengan dan yang lainnya tanpa bayaran.

Setelah penutupan pemerintah sebelumnya, Kongres mengeluarkan langkah-langkah untuk memastikan bahwa karyawan penting dan tidak penting menerima gaji surut.

Penutupan pemerintah terakhir pada bulan Oktober 2013 berlangsung lebih dari dua pekan dan terpaksa melepas lebih dari 800.000 pegawai federal. Berikut adalah contoh dari apa yang terjadi, bila pemerintah AS terpaksa shutdown seperti mengutip cnbc.com.

Taman Nasional
Taman nasional yang ditutup dan pengunjung semalam diberi waktu dua hari untuk berangkat, mengakibatkan hilangnya 750.000 pengunjung harian, menurut Asosiasi Konservasi Taman Nasional nirlaba. National Park Service memperkirakan bahwa penghentian tersebut mengakibatkan Us$500 juta hilang dalam pengeluaran pengunjung di area sekitar taman dan museum Smithsonian.

Tempat Rekreasi di Washington
Tujuan wisata populer seperti Smithsonian ditutup, dengan barikade naik di Lincoln Memorial, Library of Congress dan Arsip Nasional. Kebun Binatang Nasional ditutup untuk pengunjung dan "Panda Cam" populernya menjadi gelap tak lama setelah kelahiran anak yang banyak ditonton.

Pembayaran Pajak
Layanan Revenue Internal melepaskan 90 persen stafnya, menurut Center for American Progress yang liberal. Sekitar US$4 miliar pengembalian pajak tertunda akibatnya, menurut Kantor Manajemen dan Anggaran, atau OMB.

Pengiriman Email
Pengiriman berlanjut seperti biasa karena Dinas Pos AS, tidak menerima dolar pajak untuk operasi sehari-hari dan bergantung pada pendapatan dari perangko dan biaya lainnya.


Perjalanan Terganggu
Pelancong udara dan kereta api tidak merasakan dampak yang besar karena petugas keamanan dan pengendali lalu lintas udara tetap di tempat kerja. Pengolahan limbah dilanjutkan dengan beberapa penundaan, karena operasi didanai oleh biaya dan uang yang disesuaikan oleh Kongres.

Pengadilan
Pengadilan federal, termasuk Mahkamah Agung, tetap terbuka. Kantor Administrasi Pengadilan A.S. mengatakan bahwa pengadilan federal dapat terus beroperasi secara normal selama sekitar tiga minggu tanpa dana tambahan.

Kesehatan
Pendaftaran untuk pertukaran asuransi kesehatan Obamacare yang baru dibuat dimulai sesuai jadwal. Program asuransi kesehatan Medicare untuk orang tua juga berlanjut sebagian besar tanpa gangguan. Sebuah program di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS untuk melacak wabah flu dihentikan sementara. Ratusan pasien tidak dapat mengikuti uji klinis National Institutes of Health, menurut OMB.

Anak
Enam program Head Start yang beroperasi di Alabama, Connecticut, Florida, Georgia, Mississippi dan South Carolina yang melayani sekitar 6.300 anak-anak tutup selama sembilan hari sebelum dibuka kembali dengan uang yang diberikan oleh dermawan, menurut OMB.

Keamanan Nasional
Jaminan Sosial dan cek kecacatan dikeluarkan tanpa perubahan tanggal pembayaran dan kantor lapangan tetap terbuka namun menawarkan layanan terbatas. Ada penundaan dalam proses peninjauan untuk pelamar baru.

Militer
Semua personil militer melanjutkan status tugas normal namun sekitar setengah dari 800.000 pegawai sipil Departemen Pertahanan ditempatkan pada cuti yang tidak dibayar. Hampir semua teringat satu minggu setelah dimatikan setelah Departemen Pertahanan menerapkan Undang-Undang Bayar Militer kita, yang baru saja disahkan oleh Kongres.

Kredit
Proses hipotek dan pinjaman lainnya tertunda saat pemberi pinjaman tidak dapat mengakses layanan pemerintah seperti verifikasi pendapatan dan verifikasi Jamsostek. Small Business Administration tidak dapat memproses sekitar 700 aplikasi seharga $ 140 juta dalam bentuk pinjaman sampai penutupan berakhir, menurut Kantor Anggaran Kongres.

Veterans
Dinas Departemen Veteran melanjutkan, termasuk pengoperasian rumah sakit VA.

Inspeksi Makanan
Departemen Pertanian inspektur daging tetap bekerja. Laporan statistik pertanian menghentikan publikasi. Situs USDA gelap gulita dan terhubung ke halaman yang menjelaskan shutdown.
#BursaSaham #IHSG #Dolar #Rupiah #DolarAS
BERITA TERKAIT
Apresiasi Rupiah Buat IHSG Penuh Keceriaan
Notula FOMC Bernada Dovish, Rupiah Semringah
Bursa Saham Tokyo Tersengat Tarif Impor Mobil AS
Pasar Eropa Coba Bergerak Positif
IHSG Berakhir Meroket 154,5 Poin ke 5.946
Rehat Siang, IHSG Melonjak 138,1 Poin ke 5.930
Inilah Beban Bursa Saham Asia

ke atas