BOLA

Kamis, 01 Februari 2018 | 01:07 WIB

Pengakuan FIFA atas Indonesia di Ajang Piala Dunia

Arif Budiwinarto
Pengakuan FIFA atas Indonesia di Ajang Piala Dunia
(Foto: FIFA)
INILAHCOM, Jakarta - Korea Selatan, Jepang, Iran, dan Australia boleh berbangga karena kerap tampil di Piala Dunia. Tapi, FIFA mengakui Indonesia sebagai negara Asia pertama yang mencicipi di putaran final Piala Dunia.

Melalui akun Twitter resmi untuk Piala Dunia @FIFAWorldcup menyatakan Indonesia yang dulunya menggunakan nama Hindia-Belanda merupakan wakil Asia pertama di ajang terbesar sepakbola dunia tersebut.

Dalam tweet-nya, FIFA juga me-mention akun twitter PSSI @pssi_fai sebagi bentuk notifikasi.

"Siapa tim Asia pertama yang tampil di #PialaDunia? Hindia-Belanda yang sekarang bernama Indonesia mencapai putaran final Piala Dunia 1938 di Prancis," demikian kicau akun FIFA.



Lolosnya Hindai-Belanda ke Piala Dunia 1938 di Prancis merupakan hadiah karena wakil Asia lainnya, Jepang, mengundurkan diri akibat masalah perang.

Sayangnya, Hindia-Belanda langsung tersingkir di partai perdana usai dihajar Hungaria 0-6.

Meskipun demikian, Piala Dunia 1938 terasa istimewa bagi sepakbola Indonesia, buka hanya jadi debut final tetapi juga menjadi simbol perkenalan Hindia-Belanda di kancah internsional dengan segala keterbatasannya.

Nama Hindia-Belanda dipakai karena Indonesia saat itu masih berada di bawah penjajahan Belanda. Sergam yang dikenakan mereka saat itu merepresentasikan kerajaan Belanda dengan warna oranye, celana putih dan kaus kaki biru.

#FIFA #PialaDunia #Indonesia
BERITA TERKAIT
Abimanyu dan Spaso Jadi Penerjemah di TC Timnas
Nuansa Religi di Peluncuran Tim Barito Putera
Kecewanya Conte Gagal Taklukkan Barcelona
Perasaan Campur Aduk Willian
(Liga Champions) Munchen Pesta Gol ke Gawang Besiktas
(Liga Champions) Chelsea-Barcelona Berakhir Imbang 1-1
Empat Pemain MU Absen, Pogba Diragukan

ke atas