GAYA HIDUP

Kamis, 01 Februari 2018 | 22:30 WIB

Santi Persada, Penyemangat Penyitas Kanker

Mia Umi Kartikawati
Santi Persada, Penyemangat Penyitas Kanker
Santi Persada (Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Santi Persada seorang survivor kanker payudara yang terus semangat menularkan energi positif untuk para penyitas kanker payudara lainnya.

Memang tidak mudah untuk melewati masa - masa melawan sel kanker. Santi yang juga penggagas Love Pink menjelaskan segudang pengalamannya untuk melawan sel kanker payudara. Dia mengaku terdiagnosa kanker payudara pada 2010, stadium 3B.

"Enam kali kemoterapi, radiasi 30 kali. Selama satu setengah tahub. Dua bulan saya menjalankan kemoterapi sendiri. Rasanya berat. Namun ternyata setelah saya mencari teman dan bertemu, akhirnya semua terasa lebih ringan dan mudah," kata Santi Persada saat ditemui di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Rabu (31/01/2018).

Masih menurutnya, seorang penyitas kanker sangat butuh dukungan penuh dari keluarga. Karena itu, jika seorang didagnosa kanker maka semua keluarga ikut berkontribusi dalam kelangsungan mendukung kesehatan orang tersebut.

"Kalau orang kena kanker, semua anggota keluarga ikut. Mama, papa, om, tante semua ikutan. Karena lamanya pengobatan dan biaya yang banyak," tambahnya.

Bagi Santi, seseorang yang terkena kanker tidak butuh belas kasihan. Yang dibutuhkan adalah semangat dan dukungan.

"Saya enggak pernah sedih kok. Kalau saya nunggu dengan pasein lain saya membuat teman. Karena kesembuhan itu dari diri sendiri. Dokter itu dikirim Tuhan untuk menyembuhkan. Ini bisa jadi inspirasi untuk teman - teman yang lain. Orang kalau nanya udah stadium berapa? Itu enggak enak. Yang penting gimana kita harus semangat," ujarnya. (tka)

#kanker #payudara #perempuan #penyemangan #penyitaskan
BERITA TERKAIT
Mainan Masak - Masakan Hanya untuk Anak Perempuan?
Skrining Kanker Paru Kini Lebih Mudah
Upaya Atasi Kanker Paru dengan Deteksi Dini
Ini Cara Mudah Cegah Kanker Paru
Upaya Tingkatkan Kepedulian Terhadap Kanker Paru
Perempuan Lebih Melek Investasi Emas Daripada Pria
Traveloka Makin Kibarkan Wonderful Indonesia

ke atas