MOZAIK

Rabu, 14 Februari 2018 | 08:00 WIB

Dakwah Islam Jangan Dijadikan Bahan Tertawaan

Dakwah Islam Jangan Dijadikan Bahan Tertawaan
(Foto: ilustrasi)
RASULULLAH acapkali bercanda. Rasullullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya saya (Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam) suka bersendagurau dan saya tidak akan mengatakan kecuali yang benar-benar.

Seperti kisah Rasullullah bersama seorang nenek yang menanyakan apakah si dia (nenek) akan masuk surga. Dan dijawab Rasul shallallahu 'alaihi wasallam, bahwa hanya orang muda saja penghuni surga. Si nenek pun terkejut, dan akhirnya Rasullullah menerangkan bahwa biarpun orang tua akan menjadi muda kembali bila masuk surga.


Rasullullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya engkau (hai ibu tua) tidak lagi berupa seorang tua-bangka pada waktu itu (yakni setelah masuk surga). Karena Allah Taala berfirman: Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung . Maksudnya: tanpa melalui kelahiran dan langsung menjadi gadis. Dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan

Pada hadis tersebut dan hadis-hadis yang lain, banyak menceritakan bagaimana Rasullullah shallallahu 'alaihi wasallam bercanda, dan sesungguhnya bercanda yang benar saja yang diperbolehkan. Beberapa dai banyak yang menggunakan banyolan-banyolan dalam penyampaian dakwahnya, terkadang sudah keterlaluan. Padahal Islam adalah agama yang serius, bukan dijadikan bahan tertawaan.

Masyarakat yang mendengar dai-dai ini berbanyol, hanya mendapatkan ketawanya saja, sedangkan ilmunya hilang terbawa gelak tawanya. Dan sesungguhnya Allah sangat murka pada sesuatu yang berlebihan, termasuk tertawa. Padahal dalam suatu hadis yang menyebutkan bahwa sesungguhnya bercanda itu menyempitkan hati. Di hadis tsb, menerangkan bahwa Rasullulllah tak pernah terlihat palate (langit-langit tenggorokan)-nya bila beliau sedang ketawa, hanya senyuman-lah yang selalu menghiasi pribadi beliau shallallahu 'alaihi wasllam.
#Hadis #Rasulullah #Sunah #Adab #Fitnah #Lisan
BERITA TERKAIT
Laki-laki dan Perempuan yang Banyak Berzikir
Satu Pohon Kurma di Surga Jika Kita Membaca ini
Awas! Laknat Rasulullah pada Tingkah Laku LGBT
Awas! 4 Pihak Terlaknat dalam Lingkaran Riba
Awas! 4 Orang yang Terkena Laknat Allah
Ternyata Sekian Jumlah Nabi dan Rasul
6 dari 7 Anak Rasulullah Lahir dari Khadijah

ke atas