GAYA HIDUP

Senin, 12 Februari 2018 | 21:15 WIB

Ini Cara Riau Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Mia Umi Kartikawati
Ini Cara Riau Tingkatkan Kunjungan Wisatawan
(Foto: inilahcom/Mia Umi Kartikawati)

INILAHCOM, Jakarta - Provinsi Riau tahun ini menargetkan kunjungan 60.824 wisatawan mancanegara (Wisman) dan 6,55 juta pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus) pada 2018. Lantas, bagaimana caranya?

Dalam rangka berkontribusi pencapaian target pariwisata nasional tahun 2018 sebanyak 17 juta wisman dan 270 juta wisnus. Untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Riau, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Gubernur Provinsi Riau Arsyadjuliandi Rachman, meluncurkan Calender of Event (CoE) 2018 Provinsi Riau, di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Senin, (12/02/2018).

Terdapat sekitar 64 event unggulan pariwisata adalah bentuk upaya Pemerintah Provinsi Riau dalam mempromosikan dan menarik minat kunjungan wisatawan. Diantaranya tiga event yang sudah go internasional yaitu Bakar Tongkang, Festival Bono, dan Pacu Jalur. Tiga event tersebut termasuk dalam 100 Event Wonderful Indonesia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasikan langkah pemerintah Provinsi Riau, provinsi yang dikenal sebagai Bumi Lancar Kuning, selama ini identik dengan penghasil minyak bumi, hamparan kebun kelapa sawit.

Seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia bagian barat, kini giat dan serius mengembangkan diri dalam sektor pariwisata.

"Peluncuran event pariwisata Riau merupakan wadah yang strategis dalam mempromosikan event tahunan yang akan diadakan di Provinsi Riau sepanjang tahun 2018. Terlebih Provinsi Riau telah memiliki tiga event internasional yang masuk dalam 100 Event Wonderfull Indonesia 2018, diharapkan sebagai pemacu mendatangkan banyak wisman," papar Menpar Arief Yahya.

Arief Yahya menambahkan, pernah CEO atau Gubernur, Bupati, Walikota menentukan sekitar 50 persen kesuksesan daerah dalam membangun sektor pariwisata.

"Diawali dengan komitmen orang nomor satu di daerah itu, maka semua program dengan mudah akan berjalan, begitupun sebaliknya. Karena tugas pemimpin itu menentukan arah dan mengalokasikan sumber daya. Keseriusan CEO akan terlihat dari bagaimana Pemda memprioritaskan sumber daya dan anggaran mereka di pariwisata," tambah Arief Yahya.(tka)

#Riau #wisman #wisnus #kunjunganwisatawan #pariwisata
BERITA TERKAIT
Traveloka Makin Kibarkan Wonderful Indonesia
Wonderful Indonesia Gandeng Xiamen Airlines
Giliran Mandalika Mejeng di CFD Jakarta
Raih Award di Singapura, Ini Dia Sosok Arief Yahya
Genjot Wisman, Kemenpar Buka Kantor di Singapura
(Ekowisata Hutan) Upgrade Kualitas Pemandu Interpretasi lewat Bimtek
Bali, Destinasi Wedding Terbaik Versi T+L India

ke atas