DUNIA

Senin, 12 Februari 2018 | 23:27 WIB

Wakil Pemimpin Taliban Pakistan Tewas

Wakil Pemimpin Taliban Pakistan Tewas
Wakil Pemimpin Taliban Pakistan, Khan Said Sajna (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Islamabad -- Wakil Pemimpin Taliban Pakistan, Khan Said Sajna bersama sejumlah pengikutnya tewas dalam serangan drone Amerika Serikat (AS) di perbatasan Pakistan-Afghanistan.

Juru bicara Tehrik-e-Taliban Pakistan, TTP, mengatakan Senin (12/2), serangan drone sebelum subuh itu terjadi tanggal 8 Februari di daerah Gorwek, Waziristan Utara.

Sekalipun para pejabat AS jarang menanggapi operasi anti-terorisme drone di Pakistan, namun sumber-sumber suku terpencil di sana dan pejabat intelijen Pakistan meyakini Sajna dan laskarnya sedang pulang dari Provinsi Khost, Afghanistan, di dekatnya ketika misil yang ditembakkan pesawat tak berawak mengenai kendaraan mereka.

Komandan yang terbunuh itu diyakini berlindung di Khost dan mempunyai hubungan dengan jaringan Haqqani yang dituduh melancarkan serangan teroris terhadap pasukan setempat dan pasukan yang dipimpin AS di Afghanistan. Pembunuhannya, kata para analis, adalah pukulan besar terhadap TTP.

Sajna dicari oleh Washington atas peranannya dalam serangan teroris terhadap warga AS. Pihak berwenang Pakistan juga mencarinya atas perencanaan serangan teroris besar di negara itu dan mendalangi pembobolan penjara tahun 2012 di kota Bannu, Pakistan barat laut yang membebaskan 400 orang napi, termasuk para militan terkenal. [voa/lat]

#talibanpakistan #tewas
BERITA TERKAIT
Sehari Najib Razak Belanja Rp 11 Miliar
Kabinet Baru Thailand Dilantik, Militer Tetap Kuat
Hamas Bantah Ingin Bantai Yahudi di Dunia
Ratu Penipu Hollywood Kirim Korban ke Jakarta
Polisi Italia Gerebek Kelompok Neo-Nazi
Ditemukan Lagi Kuburan Massal di Suriah
Gedung Putih Blokir Suaka bagi Migran

kembali ke atas