DUNIA

Selasa, 13 Februari 2018 | 05:52 WIB

31 Tentara Turki Tewas Saat Gempur Kurdi

31 Tentara Turki Tewas Saat Gempur Kurdi
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Ankara -- Militer Turki menyatakan sebanyak 31 tentaranya telah tewas sejak Ankara melancarkan serangan terhadap milisi Kurdi di Suriah bulan lalu.

Seratus empat puluh tiga lagi tentara Turki luka-luka dalam operasi itu yang dinamakan "Cabang Zaitun". Operasi militer mulai digelar tanggal 20 Januari terhadap milisi Kurdi Suriah, Satuan Perlindungan Rakyat atau YPG, di daerah Arfin, bagian barat Suriah, kata pernyataan itu yang dikutip dari sejumlah media, Selasa (13/2).

Walaupun Amerika Serikat memberi dukungan bersenjata kepada YPG melawan ISIS di Suriah, Turki mengatakan milisi itu adalah cabang teroris Partai Pekerja Kurdistan atau PKK yang terlarang.

PKK, yang disebut organisasi teroris oleh Ankara dan sekutu Baratnya, telah melancarkan pemberontakan 30 tahun melawan Pemerintah Turki.

Turki membantu pemberontak Suriah dengan pasukan darat dan serangan udara dalam operasi itu danAnkara telah mengancam akan memperpanjangnya ke timur ke arah kota-kota yang dikuasai YPG.

Turki menderita hari paling berdarah hari Sabtu ketika 11 tentaranya tewas, termasuk dua helikopter yang ditembak jatuh.

Sekitar 1.369 "teroris" telah tewas dalam operasi itu, kata tentara Turki, yang mengacu pada yang tewas dan juga yang ditangkap atau luka-luka.

Belum ada kemungkinan untuk memeriksa kebenaran angka ini.

Tetapi, menurut Pemantau Hak Azasi Suriah yang berbasis di Inggris, 152 laskar YPG dan 165 pemberontak Suriah dukungan Turki telah tewas dalam operasi itu. [voa/lat]

#31tentaraturki #tewas
BERITA TERKAIT
Penembakan Sekolah di Brasil, 8 Tewas
Finlandia, Negara Paling Bahagia di Dunia
Tarian Haka, untuk Korban Teror Selandia Baru
16 Ribu Orang Korban Kamera Pengintai Pornografi
(Buntut Penembakan Dua Masjid) Selandia Baru Larang Semua Jenis Senjata Militer
Sopir Bus di Italia Culik 51 Siswa dan Bakar Bus
Erdogan: Brenton Tarrant Tak Beda dengan ISIS

ke atas