DUNIA

Selasa, 13 Februari 2018 | 13:04 WIB
(Laut China Selatan)

China Bangun Zona Latihan Kapal Drone

Didi Prambadi
China Bangun Zona Latihan Kapal Drone
(Foto: Handout)
INILAHCOM, Beijing - China akan membangun kawasan Wanshan Marine Test Field sebagai zona uji coba bagi sejumlah kapal tekonologi maritim, dan kapal tanpa awak atau drone.

China.org mengabarkan Senin (12/2/2018), pembangunan kawasan seluas 771 kilometer persegi itu akan dimulai Sabtu pekan ini. Zona latihan terbesar sejagat itu dilengkapi dengan infrastruktur komunikasi dan radar navigasi yang dibangun di pulau-pulau sekitarnya. Kawasan Wanshan Marine Test Field tersebut dibangun di lepas pantai Kota Zhuhai, Laut China Selatan, berdekatan dengan Kota Macau dan tidak jauh dari Hong Kong, pelabuhan kapal paling sibuk dunia.


Proyek yang disebut sebagai kawasan paling besar di dunia itu, akan menjadi basis utama dari teknologi kapal tanpa awak, atau drone. Proyek itu merupakan kerjasama sejumlah badan teknologi China, termasuk Pemerintah Zhuhai dan Wuhan University of Technology. Perguruan tinggi Wuhan dikabarkan tengah mengembangkan teknologi drone kapal bagi Pemerintah China sejak beberapa tahun silam.

Sepekan lalu, China berhasil melakukan uji coba pertama kapal drone dekat Dongguan, di tepian Delta Sungai Mutiara. Kapal sepanjang 6,7 meter yang dibangun oleh Shenzhen Huazhong University of Science and Technology tersebut, mampu melakukan patroli dan dapat bekerja berdampingan dengan kapal-kapal drone lainnya.
#China #LautChinaSelatan #Drone
BERITA TERKAIT
Saingi Cina, AS Jual Drone ke Para Sekutu
Jutaan Penipu Pajak di China Dilarang Naik Pesawat
Xi Jinping Resmikan Latihan Maritim Terbesar China
Filipina Kirimi China 100 Ribu Guru Bahasa Inggris
Bila Menang, Mahathir Tinjau Lagi Investasi China
India Perkuat Armada Tempur Hadapi China-Pakistan
FBI: Hadiah bagi Penemu Jurnalis AS di Suriah

ke atas