DUNIA

Selasa, 13 Februari 2018 | 14:05 WIB

Rusia Ancam Blokir YouTube dan Instagram

Didi Prambadi
Rusia Ancam Blokir YouTube dan Instagram
(Foto: Istimewa)
INILAHCOM, Moskow - Pemerintah Rusia mengancam akan memblokade YouTube dan Instagram bila kedua linimasa itu tidak mencabut foto dan video yang menceritakan keburukan Oleg V Deripaska.

The New York Times mengabarkan Senin (12/2/2018), ancaman itu dikeluarkan Moscow, karena Oleg V. Deripaska adalah orang kaya Rusia yang dekat dengan Presiden Vladimir Putin. Oleg bahkan pernah dekat dengan Paul Manafort, mantan manajer kampanye Presiden Donald Trump.

Video Oleg V. Derispaks dipasang di YouTube Kamis pekan lalu, oleh tokoh oposisi Rusia Aleksei A. Navalny. Para pendukungnya menyebarkan rekaman video milik Anastasia Vashukevich, seorang blogger yang mengabadikan kegiatan Oleg Deripaska pada 2016. Dalam rekaman video itu, Oleg terlihat berlayar di atas kapal pesiarnya di sekitar Norwegia bersama deputi PM Rusia Sergei E. Prikhodko. Dalam rekaman itu, Oleg juga mengungkapkan hubungan antara Rusia dengan AS yang sangat buruk (karena rekaman itu di zaman Barrack Obama).


Rekaman lama itu muncul kembali pekan lalu, sehingga Pemerintah Moscow pun gusar. Badan Pengawas Telekomunikasi dan Media Rusia, Roskomnadzor memerintahkan YouTube untuk menghapus tujuh rekaman video itu. Badan pemerintah itu juga meminta Instagram menghapus 14 foto-foto dan video.

Kedua linimasa itu diberi waktu tiga hari untuk melaksanakan perintah itu, atau akan menghadapi investigasi Pemerintah Rusia. Bahkan Oleg Deripaska melayangkan tuntutan di Kota Ust-Labinsk, tempat ia bersekolah dan membayar pajaknya. Yang naik kapal pesiar itu bukan saya. Saya juga tidak menyewa pelacur. Bukan saya, sanggah Oleg Deripaska.

Sejauh ini YouTube belum memutuskan langkah apa yang akan dilakukan untuk menghadapi tuntutan itu. YouTube telah memberitahu ke pengunggahnya bahwa videonya bakal dituntut. Namun mereka tidak meminta agar rekaman video itu diturunkan atau dihapus, tulis The New York Times. Sementara, dari Instagram belum ada kabar apapun.

Roskomnadzor juga memerintahkan enam portal berita Rusia untuk menghapus atau mengubah artikel yang memberitakan investigasi terhadap Aleksei A. Navalny, Tokoh oposisi yang ikut mencalonkan diri dalam Pilpres 2018 ini.
#Rusia #YouTube #Instagram
BERITA TERKAIT
(Maria Butina) "Agen Rusia Tawarkan Seks Demi Jabatan"
Trump Kini Amini Rusia Intervensi Pilpres AS
Trump Tuding Jerman Jadi Tawanan Rusia
Yunani Usir Dua Diplomat Rusia
Cewek Iran Ditahan karena Tarian di Instagram
AS Undang Putin ke Washington DC
Ratusan Miliar Rupiah Hangus Dibakar Burberry

ke atas