MOZAIK

Kamis, 15 Februari 2018 | 01:11 WIB

Merenungkan Doa Nabi Yunus

KH Abdullah Gymnastiar
Merenungkan Doa Nabi Yunus
(Foto: smstauhiid)

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt. Semoga Allah Yang Maha Mengabulkan setiap doa hamba-Nya, menggolongkan kita sebagai hamba-hamba-Nya yang husnul khotimah. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Doa nabi Yunus as diabadikan Allah Swt di dalam Al Quran, Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka innii kuntu minazh zhoolimiin, yang artinya, Tidak ada tuhan (yang berhak disembah) selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang zholim. (QS. Al Anbiyaa [21] : 87)

Allah Swt memberikan jalan keluar atas berbagai macam kesulitan yang dihadapi oleh nabi Yunus. Karena doa ini lahir dari tiga lapis kegelapan yang dialami oleh Nabi Yunus. Pertama, kegelapan malam, kemudian kegelapan di dalam lautan, dan terakhir adalah kegelapan di dalam perut ikan.

Dalam kondisi seperti ini Nabi Yunus berdoa, Tidak ada tuhan (yang berhak disembah) selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang zholim.

Dari doa ini kita bisa memetik hikmah bahwa terdapat nilai ketauhidan yang sangat lurus dan kokoh kepada Allah Swt. Hanya berserah diri kepada Allah dan yakin sepenuhnya pada kekuasaan Allah Swt. Tidak bersandar dan tidak mengharapkan pertolongan selain dari-Nya. Keyakinan bulat bahwa segala apapun yang terjadi, makhluk apapun di alam semesta ini, seluruhnya ada dalam genggaman Allah Swt, seluruhnya tiada daya dan upaya melainkan karena Allah yang memberikan kemampuan.

Saudaraku, kita adalah makhluk yang sangat banyak melakukan kesalahan. Namun, sikap terbaik adalah menyadarinya, memohon ampun kepada Allah dan bersungguh-sungguh menempuh jalan yang Allah ridhoi. Niscaya Allah akan melimpahkan ampunan dan pertolongan. WAllahu alam bishowab. [smstauhiid]

#InilahKehidupan #AaGym
BERITA TERKAIT
Membangun Ukhuwah dengan Kelembutan
Bentuk Balasan dari Dosa
Pesan Perdamaian untuk para Politikus
Setiap Perbuatan Pasti ada Balasannya
Inginkan yang Pasti ada Takdirnya
Niatkan Sholat Jumat di Shaf Paling Depan
Harus Ingat kepada Allah

ke atas