METROPOLITAN

Selasa, 13 Februari 2018 | 20:42 WIB

3 Terduga Pelaku Penganiaya Ustaz Basit Ditangkap

Happy Karundeng
3 Terduga Pelaku Penganiaya Ustaz Basit Ditangkap
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono (Foto: inilahcom)
INILAHCOM, Jakarta - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan hingga kini polisi telah mengamankan tiga terduga pelaku penganiayaan terhadap Ustaz Abdul Basit di Palmerah, Minggu (11/2/2018).

"Untuk kasus Ustaz Basit sudah ada tiga terduga pelaku yang diamankan yah. YP alias Bolang, DR alias Dian, MJIA alias Kiray. Ada dua yang DPO. F alias Ambon yang pelaku Celurit dan A Alias Acil," kata Argo di Jakarta, Selasa (13/2/2018).

Argo menjelaskan dalam proses penyidikan hingga saat ini polisi sudah memeriksa setidaknya delapan orang saksi.

"Hingga kini udah delapan orang (saksi) yah yang diperiksa. DPO masih pengejaran," ungkapnya.

Argo menjelaskan, kejadian bermula saat pelapor yakni istri Ustaz Abdul Basit yang tengah tidur mendengar keributan di luar rumahnya. Tak lama berselang, korban masuk dengan tangan luka sabetan celurit.


"Di saat pelapor sedang tidur mendengar suara ribut ribut di luar rumah, dan tidak berapa lama korban masuk kedalam rumah sambil memegang tanganya yang berdarah dan memberitahu kalau dirinya kena clurit, kemudian korban mengeluarkan motor untuk berobat di anter sama pembantunya," jelasnya.

Sebelumnya, tak terima mendapatkan teguran. Sekelompok bocah di Palmerah, nekat mengkroyok Ustad Abdul Basit di depan rumahnya, Jalan Syahdan, Palmerah, Jakarta Barat, Minggu (11/2/2018) dini hari.

Kejadian itu membuat Ustad Basit mengalami luka. Tangan kirinya terkena bacokan, setelah di sabet oleh clurit oleh sekelompok remaja itu.

Istri korban, Nurliati (32) mengatakan kejadian itu bermula saat suaminya menegur kelompok itu saat tengah malam karena berisik. Namun bukannya meminta maaf, kelompok itu kemudian malah memaki ustad.

Tak menghiraukan Ustaz kemudian menuju masjid yang ada dekat rumahnya. "Rupanya setelah pulang dari masjid suami saya langsung diserang kelompok itu," kata Nurliati ketika ditemui di Polres Metro Jakarta Barat.

Dalam kondisi terluka, Basit kemudian dibantu warga berobat ke RS Medika Permata Hijau, oleh Medika, ia kemudian dilarikan ke RS Fatmawati sebelum akhirnya kini dirawat intensif di RS Mayapada, Jakarta Selatan. Kondisi kini telah membaik setelah luka bacoknya mengalami perawatan.[jat]
#Polri #PenganiyaanTokohAgama
BERITA TERKAIT
Hujan Ringan Guyur Jakarta Mulai Siang Hari
Hujan Masih Bayangi Ibukota Sejak Siang Hari
Narkoba, Anak Ratu Dangdut Ditangkap Polisi
Anies Selalu Bawa Anak Saat Imlek
Respon Sandi Soal Pengemis Padati Vihara
(Imlek 2018) Sandi: Semoga Tahun Anjing Tanah Bawa Berkah
Dinsos DKI Sebar Petugas P3S ke Vihara di Jakarta

ke atas