MOZAIK

Minggu, 25 Februari 2018 | 01:11 WIB

Dua Tempat Pulang

KH Abdullah Gymnastiar
Dua Tempat Pulang
(Foto: Ilustrasi)
ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt. Semoga Allah Yang Maha Adil lagi Maha Bijaksana menggolongkan kita sebagai hamba-hamba-Nya yang selamat di dunia dan akhirat. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, kita hidup di dunia ini hanya singgah sebentar saja dalam perjalanan pulang. Pulang dalam maknanya yang sejati yaitu pulang ke akhirat. Di akhirat kelak ada dua tempat pulang, yaitu surga dan neraka. Surga adalah tempat pulang yang penuh kebahagiaan dan kenikmatan, sedangkan neraka adalah tempat pulang yang penuh dengan kepedihan dan penderitaan. Nah, jangan sampai kita salah tempat pulang.

Allah Swt berfirman, Wahai orang-orang yang beriman, jagalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkannya. (QS. At Tahriim [66] : 6)


Oleh karena itu, hidup di dunia ini kita harus memahami tujuan kita hendak ke mana. Jangan sampai seperti penumpang bis yang ketika ditanya oleh kondekturnya tentang tujuannya ia tidak tahu. Jika seseorang melakukan perjalanan tanpa tahu tujuan, maka ia akan sangat mudah terombang-ambing dan tersesat. Sedangkan orang yang memahami akan tujuannya dan fokus pada rute menuju tempat tujuannya itu, maka ia akan mudah sampai dengan keselamatan.

Dan, tujuan perjalanan hidup kita adalah untuk sampai dengan selamat di kampung halaman kita yang sejati yaitu surga Allah Swt. Bagaimana agar kita selamat sampai di sana? Timbangan yang paling berat adalah Laa ilaaha illallaah, jangan mempersekutukan Allah dengan sesuatu apapun. Hanya Allah yang disembah, bukan harta, pangkat, jabatan, pujian makhluk.

Semoga Allah Swt senantiasa memberi hidayah kepada kita sehingga kita bisa pulang ke tempat terbaik di sisi Allah Swt. Aamiin ya Robbal aalamiin.[smstauhiid]

#InilahKehidupan #AaGym
BERITA TERKAIT
Bahagia, Mulia, Selamat
Tenang dengan Dzikrulloh
Buah dari Perbuatan Kita Sendiri
Sabar itu pada 'Pukulan' Pertama
Karena Keburukan Diri Sendiri
Hidup dengan Pertolongan Allah
Mengundang Pertolongan Allah dengan Sholat

ke atas