NASIONAL

Rabu, 14 Februari 2018 | 03:00 WIB

MUI Ingatkan Kemenag Soal Rencana Potongan Zakat

Willi Nafie
MUI Ingatkan Kemenag Soal Rencana Potongan Zakat
Wakil Ketua Umum MUI Zinut Tauhid Sa'adi (Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengingatkan Kementerian Agama soal rencana pemotongan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) 2,5 persen untuk zakat.

Mengingat jumlah uang yang bakal dikelola cukup besar dan wajib didistribusikan secara amanah sesuai ketentuan syariat Islam dan perundang-undangan. Untuk itu Kementerian Agama selaku pihak yang bakal mengambil kebijakan mengenai hal itu intens diharapkan mensosialisasikan secara jelas ke publik agar tak menimbulkan polemik.


"Gagasan Menteri Agama tersebut bagus, tetapi sebelum diwacanakan di publik, gagasan tersebut disosialisasikan terlebih dahulu kepada ormas-ormas Islam dan pemangku kepentingan lainnya. Sehingga tidak menimbulkan polemik dan kegaduhan," ujar Wakil Ketua Umum MUI Zinut Tauhid Sa'adi kepada INILAHCOM, Selasa (13/2/2018).

Pihaknya sepakat bahwa zakat meski dioptimalkan dan dimanfaatkan demi kemaslahatan umat Islam. Namun pelaksanaannya diharapkan harus melalui sebuah perencanaan matang.

"Kesiapan institusi zakat (BAZNAS) yang profesional, kapabel dan akuntabel. Lebih dari itu juga harus melibatkan para pihak yang memiliki kepentingan dan kepedulian terhadap pengelolaan zakat," tutupnya. [wll]

#Potongan #ZakatASN
BERITA TERKAIT
Kemenag Diharap Beri Penjelasan Parameter Mubalig
Survei: Lapangan Pekerjaan Masih Jadi Persoalan
Indo Barometer: Soeharto Presiden Paling Berhasil
LIPI Nilai Penyelesaian HAM Tak Ada Kemajuan
LIPI Sebut Politik Indonesia Alami Tambal Sulam
Bawaslu Terancam Pidana Karena Putusan Tanpa Dasar
(Hari Kebangkitan Nasional) Zulkifli Hasan: Bersatu Itu Menguatkan

ke atas