GAYA HIDUP

Selasa, 13 Februari 2018 | 23:30 WIB

Rumah Baca Untuk Negeri Bantu Anak Wujudkan Mimpi

Aris Danu
Rumah Baca Untuk Negeri Bantu Anak Wujudkan Mimpi
(Foto: istimewa)

INILAH.COM, Jakarta-Tetra Pak Indonesia melalui kegiatan employee engagement perusahaan membangun rumah baca bagi sebuah sekolah negeri di Dawuan, Cirebon dengan nama "Rumah Baca Untuk Negeri".

Pembangunan rumah baca itu melibatkan sebanyak 160 karyawan Tetra Pak dan berhasik diselesaikan dalam waktu satu hari. Hal yang juga unik dari kegiatan ini adalah penggunaan bahan-bahan hasil daur ulang kemasan karton Tetra Pak sebagai material untuk mendirikan rumah baca tersebut. Pembangunan rumah baca ini diharapkan dapat mengembangkan minat baca pada anak.

Menurut data yang dikeluarkan oleh UNDP dengan data penelitian Unesco, menyebutkan bahwa hanya 1 dari 1.000 orang Indonesia yang bersemangat untuk membaca. Tidak hanya mendirikan rumah baca, namun anak-anak juga diajak turut serta dalam lomba cerdas cermat antar siswa.

"Semoga rumah baca ini dapat membantu warga sekitar, khususnya anak-anak untuk meraih mimpi dan mewujudkan kehidupan yang lebih baik," kata Communications Manager Tetra Pak Indonesia Gabrielle Angriani, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (13/2/2018).

Sementara itu Environment Manager Tetra Pak Indonesia Reza Andreanto mengatakan sebagian besar material yang digunakan dalam proses pembangunan rumah baca ini adalah bahan hasil daur ulang kemasan Tetra Pak yang diproduksi oleh mitra pabrik daur ulang kemasan karton bekas.

"Bahan utama yang kami gunakan untuk kemasan makanan dan minuman yang Tetra Pak produksi adalah 75% paperboard dan terbuat dari bahan kayu berserat tinggi serta tersertifikasi FSC (Forest Stewardship Council). Dengan adanya lapisan polyethylene sebagai adhesive dan aluminium foil sebagai barrier, maka dapat menghasilkan kemasan yang kuat dan stabil," papar Reza.

Pembangunan rumah baca di area SDN Dawuan 4 Cirebon ini diharapkan akan memberikan kontribusi besar bagi proses belajar mengajar yang lebih nyaman dan menyenangkan di sekolah, juga bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Sebab, sekolah itu sebelumnya tisak memiliki ruang baca yang menyenangkan dan nyaman bagi anak-anak. [adc]

#RumahBacaUntukNegeri
BERITA TERKAIT
Mulan, Tularkan Kebiasaan Makan Sayur ke Anak
Giliran Mandalika Mejeng di CFD Jakarta
Raih Award di Singapura, Ini Dia Sosok Arief Yahya
Genjot Wisman, Kemenpar Buka Kantor di Singapura
Wow, The Great 50 Show Suguhkan Sirkus di Jakarta
Mengenal Lebih Dekat Jenis Mutiara
(Mantap Berhijrah) Mulan Jameela Jalani Hidup Lebih Sehat

ke atas