BOLA

Rabu, 14 Februari 2018 | 06:10 WIB

Juve Dipaksa Bermain Imbang 2-2 oleh Spurs

Arif Budiwinarto
Juve Dipaksa Bermain Imbang 2-2 oleh Spurs
(Foto: gettyimages)

INILAHCOM, Turin - Juventus harus puas bermain imbang 2-2 saat jumpa Totteham Hotspur di leg pertama babak 16 besar Liga Champions Eropa.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Allianz Arena Turin, Rabu (14/2/2018) dini hari WIB, Spurs yang lebih dominan dalam penguasaan bola. Mereka melakukan 63 persen ball possession berbanding 38 persen yang dilakukan tuan rumah.

Meskipun demikian, kedua tim cenderung berimbang dalam melepaskan percobaan. Dari delapan attempts, Juve lima kali mengarahkan bola ke gawang, sementara Spurs enam kali melakukan shots on goal.

Juve mengawali babak pertama dengan kejutan, mereka sudah unggul saat laga baru berjalan dua menit. Umpan sepakan bebas Miralem Pjanic disambut sepakan first time Gonzalo Higuain yang bersarang di pojok kiri gawang.

Hanya berselang enam menit, Juve menambah keunggulan. Kali ini lewat sepakan penalti Higuain. Wasit memberikan penalti setelah Ben Davies melanggar Federico Bernadeschi di area penalti.

Tertinggal dua gol cepat tak membuat Spurs panik, mereka berusaha bangkit. Di menit ke-17 Harry Kane terjatuh di area penalti, tetapi wasit tidak menganggapnya sebagai pelanggaran meski ada tekanan dari Medhi Benatia.

Spurs mulai mendapatkan momentum permainan. Kane memberikan ancaman berarti di menit ke-26. Menyambut umpan terobosan Christian Eriksen, sundulan Kane dari jarak dekat masih bisa ditepis Buffon.

Tim tamu kembali menghadirkan ancaman di tiga menit berselang, berawal dari sepakan bebas Eriksen yang membentur pagar betis, bola rebound diteruskan Eriksen dengan sepakan keras yang masih menyamping.

Buffon lagi-lagi melakukan penyelamatan gemilang di menit ke-32. Kane melepaskan sepakan keras dari sisi kiri kotak penalti Spurs sembari memutar badan, bola kirimannya masih bisa diblok Buffon.

Usaha Spurs akhirnya berbuah gol di menit ke-35, Kane kali ini tak menyia-nyiakan umpan terobosan Dele Alli. Berhadapan satu lawan satu dengan Buffon, Kane dengan tenang melewati kiper gaek tersebut dan meneruskan bola ke gawang yang sudah kosong.

Di menit ke-42, Alli hampir saja menjadikan skor imbang andai sundulannya tidak melambung tinggi. Skor 2-1 bertahan hingga jeda.

Juve kembali mencoba melakukan serangan cepat di awal babak kedua. Mereka mendapat dua peluang bersih mencetak gol. Pertama sepakan Bernadeschi di menit ke-57 yang masih bisa dihalau Hugo Lloris dan menghasilkan sepakan penjuru.

Bola sepakan penjuru disundul oleh Mario Mandzukic di depan gawang yang masih tepat ke pelukan Lloris.

Spurs merespon ancaman tuan rumah di menit ke-70. Kane merangsek dari sisi kiri dan melepaskan sepakan mendatar ke pojok kiri gawang, Buffon masih mampu mengantisipasi.

Dua menit berselang, The Lily white mencetak gol penyeimbang. Mendapatkan tendangan bebas di depan kotak penalti, Eriksen bertindak sebagai eksekutornya. Dia melepaskan tendangan mendatar ke pojok kiri bawah gawang dan tak kuasa dihentikan Buffon.

Spurs hampir saja kemasukan gol ketiga akibat blunder. Untungnya, umpan Higuain kepada Bernadeschi gagal berujung gol setelah sodoran orang terakhir masih mengenai bek Spurs dan bola bisa diamankan Lloris.

Di sisa waktu, tak ada gol tambahan. Skor 2-2 menutup laga. Bagi Spurs hasil tersebut menjadi modal bagus bermain di leg kedua, mereka cuma butuh hasil imbang 0-0 atau 1-1 untuk lolos ke perempatfinal, sedangkan Juve harus menang.

Susunan pemain:

Juventus: Gianluigi Buffon; Mattia De Sciglio, Medhi Benatia, Giorgio Chiellini, Alex Sandro; Sami Khedira (Bentancur 66'), Miralem Pjanic; Federico Bernardeschi, Mario Mandzukic (Sturaro 76'), Douglas Costa (Asamoah 92'); Gonzalo Higuain

Tottenham: Hugo Lloris; Serge Aurier, Jan Vertonghen, Davinson Sanchez, Ben Davies; Mousa Dembele, Eric Dier; Erik Lamela (Moura 89'), Dele Alli (Son 83'), Christian Eriksen (Wanyama 92'); Harry Kane

#LigaChampions #Juventus #Tottenham
BERITA TERKAIT
Kemungkinan Besar Pogba akan Kembali ke Juventus
Jadwal Padat, Blaise Matuidi Ingin Liburan
Tepis Penalti Higuain, Szczesny: Saya Sudah Tahu
Juve Ukir Rekor Terbaik dalam Sejarah Liga Italia
Allegri Masih Kesal Juventus Kalah dari MU
Ini yang Diucapkan Dybala pada Mourinho
Juventus Pecundangi AC Milan di San Siro

ke atas