PASAR MODAL

Rabu, 14 Februari 2018 | 13:34 WIB

Korsel Danai Warga Korut ke Olimpiade Musim Dingin

Wahid Ma'ruf
Korsel Danai Warga Korut ke Olimpiade Musim Dingin
(Foto: Istimewa)
INILAHCOM, Seoul - Korea Selatan menyetujui penggunaan 2,86 miliar won arau setara dengan US$2,64 juta untuk mendanai biaya ratusan kunjungan warga Korea Utara selama Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang.

Kementerian Unifikasi mengatakan bahwa dana tersebut akan mencakup biaya kunjungan, yang akan mencakup akomodasi dan makanan untuk tim bersorak Korea Utara, orkestra, pemain taekwondo, serta jurnalis dan personil pendukung lainnya. Dikombinasikan, mereka membuat kelompok 424 orang Korea Utara.

Dua negara konflik yang serumpun tersebut sering menggegerkan bursa saham global. Apalagi sejak Korut rajin melakukan uji coba rudal balistik ke wilayah Jepang. Rudal tersebut langsung merontokkan bursa Asia dan bursa global.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in telah mengundang atlet, pendukung, dan pejabat Korea Utara ke Olimpiade dalam upaya mengurangi ketegangan antara Pyongyang, Seoul dan Washington mengenai program nuklir dan rudal Korea Utara.

Jumlah akhir untuk total pembayaran akan diungkapkan di lain waktu, kata juru bicara kementerian Baik Tae-hyun dalam sebuah briefing seperti mengutip cnbc.com, Rabu (14/2/2018).

Biaya untuk menjadi tuan rumah delegasi tingkat tinggi yang termasuk Kim Yo Jong, saudara perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, dibayar terpisah dari anggaran pemerintah, Baik menambahkan tanpa mengungkapkan rinciannya.


Komite Olimpiade Internasional akan membayar tagihan untuk 22 atlet Korea Utara yang juga berada di Korea Selatan.

Perjalanan antara kedua Korea tidak mungkin tanpa persetujuan kedua pemerintah sejak perang 1950-53 yang memisahkan semenanjung itu dan berakhir dengan sebuah gencatan senjata, dan bukan sebuah perjanjian damai.

Angka Rabu jauh melebihi 1,35 miliar won yang digunakan untuk membayar 650 orang Korea Utara yang mengunjungi Korea Selatan pada tahun 2002 untuk Asian Games di kota pelabuhan Busan.

Jumlah yang lebih kecil pada tahun 2002 sebagian disebabkan oleh pasukan bersorak Korea Utara yang tinggal dan makan di kapal feri yang mereka masuki, seorang pejabat kementerian mengatakan kepada Reuters, yang tidak bersedia disebut namanya.

Jumlah yang lebih tinggi juga disebabkan oleh inflasi. Dari total anggaran 2,86 miliar won, sekitar 1,2 miliar won akan digunakan untuk akomodasi dan makanan, tambah pejabat tersebut. Kira-kira 1 miliar won akan digunakan untuk membayar biaya masuk untuk tempat Olimpiade, dan 100 juta won telah disisihkan untuk biaya transportasi.

Sebagian besar warga Korea Utara tinggal di hotel mewah di Seoul dan di dekat tempat Olimpiade, termasuk bintang lima Grand Walkerhill di Seoul barat yang sebelumnya menjadi tuan rumah selebriti Amerika seperti Paris Hilton dan Michael Jackson.

Anggaran untuk tinggal di Korea Utara akan diambil dari Dana Kerjasama Antar Korea, bagian dari anggaran belanja Kementerian Unifikasi. Dana tersebut dibuat pada tahun 1991 untuk pengeluaran terkait Korea Utara, dan total anggaran 2018 adalah 962,4 miliar won.
#BursaSaham #DolarAS #IHSG
BERITA TERKAIT
(Jelang Libur Tahun Baru Imlek) IHSG Sepekan Torehkan Cuan 1,32 Persen
Warga AS Hadapi Risiko Volatilitas Pendapatan
Inilah Semangat Green Finance
Data Ekonomi Positif Dorong Dolar AS Rebound
Mau Tahu Hadiah Valentine Bagi Buffett?
Dolar AS Nyungsep, Harga Minyak Naik Sementara
Inilah Ambisi China Dominasi Ekonomi Dunia

ke atas