METROPOLITAN

Rabu, 14 Februari 2018 | 18:16 WIB

Pemprov DKI Akan Kaji Konsep Naturalisasi Sungai

Agus Irawan
Pemprov DKI Akan Kaji Konsep Naturalisasi Sungai
(Foto: Istimewa)
INILAHCOM, Jakarta - Kepala Dinas Sumber Daya Air, Teguh Hendrawan, mengatakan usulan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, untuk mengkaji konsep naturalisasi sungai tersebut berdampak positif kepada warga DKI.

"Jadi Pak Anies miliki konsep saya kira positif, tinggal bagaimana kita implementasikan soal naturalisasi sungai," kata Teguh di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2018).

Dia menjelaskan selama ini Pemprov DKI hanya melakukan konsep normalisasi dengan cara membeton sungai. Namun belum menyampaikan konsep detail naturalisasi.


"Tapi konsep naturalisasi akan lebih ramah terhadap lingkungan, selama ini hanya sebatas bangun, untuk menyalurkan air, buang ke laut, kita arahkan naturalisasi supaya ada penghijauan," ujarnya.

Menurut dia, konsep naturalisasi dengan model sungai berbelok-belok sulit diwujudkan, karena banyak warga membendung sungai sehingga kontur sungai berubah.

"Ya kita normalisasi mengikuti alur sungai yang saat ini ada, konturnya berbelok-belok, tapi warga suka membendung, dibuat lurus, jadi air tidak tertahan," ungkapnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan akan menata sungai di Jakarta dengan cara naturalisasi, untuk mengembalikan fungsi sungai. [ton]
#AniesBaswedan #NaturalisasiSungai
BERITA TERKAIT
Anies Selalu Bawa Anak Saat Imlek
Anies Sandi Sambangi Vihara Petak Sembilan
(Jakarta Banjir) Saefullah: Banjirnya Agak Genit
Sandi: Laporkan Jika Lihat Eksploitasi Anak di DKI
Sandi Siap Tantang Menteri Susi 25 Februari Nanti
Sekolah di Jakarta Libur Selama Asian Games 2018
Warga Jakarta Mulai Kendor Kritik Pemprov DKI

ke atas