NASIONAL

Selasa, 27 Februari 2018 | 21:35 WIB

Cara Kemendes Agar Ekonomi Kreatif Berbadan Hukum

Cara Kemendes Agar Ekonomi Kreatif Berbadan Hukum
Ketua Tim Penasihat Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Haryono Suyono (Foto: Istimewa)
INILAHCOM, Jakarta - Ketua Tim Penasihat Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Haryono Suyono menilai gerakan masyarakat di desa telah sukses membangun berbagai usaha. Hal itu lantaran fasilitas yang diberikan dari pemerintah.

"Tiba waktunya agar kelompok-kelompok ekonomi kreatif di desa itu disatupadukan agar bisa menjadi embrio suatu bentuk BUMDes yang disahkan badan hukum yang berlaku," kata Hayono dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Selasa (27/2/2018).

Dia menambahkan, jika BUMDes itu terbentuk, beberapa kegiatan kementerian dan lembaga pemerintah yang sudah berkembang bisa bersatu. Ini akan jauh lebih menguntungkan ketimbang dalam bentuk kelompok kecil-kecilan semata.


"Dampak kepada keluarga desa yang menikmati usaha bersama itu akan sangat besar sehingga usaha BUMDes yang dibangun melalui penggabungan usaha mikto ini akan besar sekali di kalangan rakyat banyak di desa," ujar dia.

"Akhir-akhir ini ada juga Posdaya yang mengembangkan prakoperasi tetapi belum sempat menjadi koperasi yang berbadan hukum," ujar dia.

Karena itu, lanjut dia, Kepala Desa dapat memberi perhatian terhadap kelompok di tingkat desanya. Dia sebisa mungkin merangkul kelompok kecil yang ada masuk ke dalam kelompok lebih besar.

"Anak-anak muda diarahkan menjadi insan bisnis dengan menggali kearifan lokal dan kekayaan alam disulap menjadi industri pertanian dengan bahan baku lokal untuk memenuhi keperluan keluarga desanya," ucap Hayono Suyono.[jat]
#KemendesPDTT
BERITA TERKAIT
Tujuan SBY bukan Menyerang TNI, Polri & BIN
Pesawat Kepresidenan Termahal di Dunia
Mesin Canggih Penggundul Hutan
Ustaz Somad Naik Harley di Padang Sumbar
SBY Kritik TNI, Polri & BIN, Ini Kata Demokrat
(Sebut TNI, Polri & BIN Tidak Netral) PD: SBY Dapat Informasi dari Sumber Terpercaya
186.379.878 Orang Ditetapkan Sebagai DPS oleh KPU

ke atas