GAYA HIDUP

Senin, 05 Maret 2018 | 16:55 WIB
(Jangan Asal Mencuci Batik)

Ini Tips Cara Merawat Kain Batik

Mia Umi Kartikawati
Ini Tips Cara Merawat Kain Batik
(Foto: inilahcom)
INILAHCOM, Jakarta - Membeli batik bagi para pecintanya memang sangat menyenangkan. Namun, yang harus diperhatikan adalah bagaimana cara merawatnya.

Menurut Affandi, pemilik Kencana Pajajaran Batik & Fashion di Kemang, beberapa waktu lalu, untuk merawat batik dari bahan katun, bisa menggunakan sabun cuci khusus batik. Tentunya, mencuci batik tidak dijadikan satu dengan bahan atau pakaian yang lain.

"Bisa dijemur namun tidak langsung terkena matahari karena akan merusak warna. Kalau bisa diangin anginkan terlebih dahulu," papar Affandi.

Berbeda dengan batik dari bahan sutra. Ini harus diusahakan perawatannya dengan dry clean.


"Ini untuk mempertahankan bahan dan tekstur serta warnanya," tambahnya.

Selain itu, Desainer Senior, Musa Widyatmodjo, menambahkan, ketika menggunakan batik tidak perlu disemprotkan dengan parfum. Menggunakan parfum sebaiknya sebelum menggunakan baju. Jika menggunakan parfum setelah pakai baju dan kena bahan baju, ini akan merusak warna terlebih pada batik.

"Kalau pakai batik sutra dan batik katun, jangan disemprot dengan parfum. Wangi parfum tidak untuk baju batik. Parfum itu salah satu elemennya adalah alkohol. Kalau alkohol itu disemprot ke katun dan sutra itu akan membunuhnya," ujar Musa.

Selanjutnya, ketika ingin mencuci baju batik, lebih baik jemur baju tidak langsung terpapar matahari. Karena lebih baik adalah membuat baju terpapar angin terlebih dahulu.

"Sebenarnya perusak kain itu adalah bakteri. Jadi, sebelum dicuci lebih baik diangin - angin dulu untuk menghilangkan bakteri. Kemudian baru dicuci agar lebih bersih," tambah Musa. (tka)
#tips #cara #merawat #kain #batik #mencuci #jangan #asal
BERITA TERKAIT
Cara Tumbuhkan Minat Baca pada Anak
Yuk, Kenalkan Anak dengan Pekerjaan Rumah
Jangan Takut Ditanya Pekerjaan Saat Lebaran
(Mudik Lebaran) Tips dari Menkes Agar Tidak Stres Hadapi Macet
Tips Jitu Mendidik Anak Agar Tumbuh Bahagia
Tips Masak untuk Pasangan Muda di Bulan Ramadan
Tips Ajarkan Anak Puasa Usia 4-6 Tahun

ke atas