DUNIA

Kamis, 08 Maret 2018 | 10:15 WIB

IMF Tegur Trump soal Rencana Kenaikan Tarif

IMF Tegur Trump soal Rencana Kenaikan Tarif
Direktuf IMF Christine Lagarde (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Washington--Pemimpin-pemimpin Dana Moneter Internasional (IMF) dan Eropa mengecam rencana Presiden AS Donald Trump untuk memberlakukan kenaikan tarif impor baja dan alumunium, dengan mengatakan hal itu akan memicu perang dagang yang sangat buruk.

Direktuf IMF Christine Lagarde mengatakan kepada wartawan radio Eropa, "Jika perdagangan internasional diganggu oleh langkah-langkah seperti ini, hal ini akan menjadi faktor yang menurunkan pertumbuhan, menurunkan perdagangan dan hal ini sangat mengkhawatirkan. Dalam perang dagang yang dipicu oleh tindakan saling balas, tidak ada pihak yang menang."

Lagarde mengatakan IMF "khawatir" dengan kenaikan tarif AS itu, dengan mengatakan "kami menyerukan kepada seluruh pihak untuk mencapai kesepakatan, melangsungkan perundingan dan berkonsultasi".

Trump pekan lalu sesumbar bahwa perang dagang baik dan mudah dimenangkan setelah ia mengumumkan rencana menaikkan 25% tarif impor baja dan 10% tarif alumunium yang masuk ke AS.

Proposal itu memicu kecaman luas dari mitra-mitranya di faksi Republik di Kongres dan sekutu-sekutu AS, tetapi didukung oleh kelompok ekonom nasionalis di AS dan sejumlah anggota Kongres dari faksi Demokrat yang berasal dari negara-negara bagian yang memiliki industri logam, dan bisa meraih keuntungan jika ada tarif tersebut. [voa/lat]

#imf #trump #kenaikan #tarif
BERITA TERKAIT
Trump akui Dataran Golan Sebagai Milik Israel
Trump Dituduh Raba-raba Tubuh Seorang Perempuan
Trump Tuduh Demokrat Partai Anti Yahudi
Mantan Ketua Tim Kampanye Trump Dibui
Akhirnya, ISIS Tamat di Suriah
Ini Beberapa Keputusan Hebat PM Selandia Baru
(Kasus Penembakan di Masjid di Selandia Baru) Brenton Tarrant Terancam Penjara Seumur Hidup

ke atas