MOZAIK

Selasa, 13 Maret 2018 | 13:00 WIB

Zaqqum, Pohon Neraka Siksaan Bagi Orang Zalim

Zaqqum, Pohon Neraka Siksaan Bagi Orang Zalim
(Foto: Ilustrasi)
KITA telah mengetahui di surga terdapat pohon, dan lainnya kenikmatan hidup sebagai balasan untuk orang yang bertakwa kepada Allah swt. Lalu bagaimana di neraka, adakah pohon di dalam neraka?

Ya, memang ada pohon di neraka. Namun, tidak seperti pohon di dunia yang bisa dijadikan tempat berteduh atau dinikmati kelezatan buahnya. Pohon di dalam neraka adalah sebaliknya. Ia merupakan tambahan siksaan bagi para penghuni neraka.

Memang, untuk sebagian orang hal ini sulit dipercaya bahwa ada pohon di neraka. Sebab, logikanya pohon merupakan bahan bakar api dan tidak mungkin tumbuh hingga berbuah di dalam neraka yang semua isinya adalah api. Ditambah lagi, panas neraka tujuh puluh kali lipat dari pada dunia.

Pohon tersebut tumbuh di dasar neraka yang akarnya menghunjam jauh ke dalam, sehingga tidak akan roboh meskipun badai neraka sekuat apapun. Selain akar menancap ke dalam, pohon tersebut juga mempunyai batang yang kuat dan tak bisa diukur dengan kekuatan benda logam dunia yang meleleh dan panasnya api.


Allah swt telah menegaskan tentang hal ini dalam ayat berikut:

Sesungguhnya, Kami menjadikan pohon zaqqum itu sebagai siksaan bagi orang-orang yang zalim. Sesungguhnya dia adalah sebatang pohon yang keluar di dasar neraka yang menyala. Mayangnya seperti kepala setan-setan. Maka sesungguhnya, mereka benar-benar memakan sebagian dari buah pohon itu, maka mereka memenuhi perutnya dengan buah zaqqum itu. (QS. Ash-Shaaffaat 37:63-66)

Dan, yang menjadi pertanyaannya adalah berapa jumlah pohon tersebut? Banyak ulama berbeda pendapat dalam menafsirkan jumlah pohon di neraka. Sekalipun pohon zaqqum memiliki buah yang melimpah, pasti tidak pernah terbayang di benak kita untuk memakan buah tersebut .

Mengenai pohon zaqqum, Rasulluah saw bersabda:

Seandainya setetes saja dari zaqqum itu dipercikkan ke bumi, maka ia akan merusak kehidupan bumi. Kemudian, bagaimana dengan neraka yang menjadikan pohon itu sebagai makanan? ( HR. Tirmidzi) []
#PohonNeraka #Zaqqum
BERITA TERKAIT
Lima Tips Mengendalikan Emosi
Ini Alasan Mengapa Uang Cepat Sekali Habis?
Dahulukan Doa
Bersiul dan Tepuk Tangan Kebiasaan Orang Musyrikin
Tasbih Bagi Lelaki, Tepukan Tangan Bagi Perempuan
Hilang Kehormatan dan Bertobat, Maukah Menikahi?
Satu Sayap Jibril dan Hancurnya Kampung Nabi Luth

ke atas