GAYA HIDUP

Senin, 12 Maret 2018 | 16:30 WIB
(Kompetisi Tingkat Internasional)

Menpar Arief Yahya Dorong Pariwisata Raih Prestasi

Mia Umi Kartikawati
Menpar Arief Yahya Dorong Pariwisata Raih Prestasi
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta -Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan kemenangan itu direncanakan.Ini untuk memberikan semangat pada Kementerian Pariwisata agar terus bekerja keras meningkatkan prestasi di bidang pariwisata.

Menurut Arief, tidak ada sesuatu hal yang tidak mungkin. Penghargaan apapun yang menjadi tujuan untuk meningkatkan jumlah pariwisata bisa diraih dengan kerja keras. Semangat itu Menpar Arief Yahya gaungkan pada rapat Koordinasi Posisi Indonesia pada Kompetisi Pariwisata Tingkat Internasional, Hotel Santika, Jakarta, Senin, (12/03/2018).

"Tahun ini target sekitar 50 awards. Kita sudah dapat 21 awards termasuk di Berlin. Saingan kita adalah Thailand, dan India," papar Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Indonesia terus mengalami perbaikan peringkat dalam Global Competitiveness Report yang dirilis oleh World Economic Forum, dimana pada tahun 2018 Indonesia meraih ranking 36 dari 137 negara, naik lima peringkat dari posisi 41 di tahun 2017.

Selain itu, menurut Travel and Tourism Competitiveness Report 2017 yang juga dikeluarkan oleh WEF, Indonesia menempati peringkat ke 42, naik delapan peingkat dibanding peringkat 50 di tahun 2015.

Sedangkan dari sub pilar Country Brand Strategy Rating, Country Branding Wonderful Indonesia yang semula tidak masuk ranking branding di dunia, pada tahun 2015 melesat lebih dari 100 peringkat menjadi ranking 47, mengalahkan country branding Truly Asia Malaysia (ranking 96) dan country branding Amazing Thailand (ranking 83).

Strategi Branding Wonderful Indonesia untuk penetrasi secara online, masih lebih bagus dibandingkan Thailand dan Malaysia, namun masih kalah dengan Singapura, sehingga perlu usaha-usaha untuk terus memperbaikinya.

Peningkatan positioning kepariwisataan Indonesia di dunia internasional penting, sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan daya saing pariwisata. Salah satu upaya meningkatkan positioning kepariwisataan Indonesia di kancah global adalah dengan memenangkan berbagai kompetisi kepariwisatan di tingkat Internasional.

Untuk memenangkan berbagai kompetisi kepariwisataan di tingkat internasional diperlukan perencanaan yang matang. Kemenangan itu direncanakan. Probabilitas kemenangan yang berasal dari nasib mujur, untung-untungan, dan kecelakaan lawan itu terlalu tipis, ujar Menpar.(tka)

#ariefyahya #menpar #menteripariwisata #prestasi #keme
BERITA TERKAIT
Kompentesi Media Mutlak dalam Beritakan Pariwisata
Laut Jadi Galeri Seni di Pemuteran Bay Festival
Sihir Wonderful Indonesia Bius Puluhan Diplomat
RI Update Beijing Promosi Investasi 10 Bali Baru
Celana Menstruasi Solusi Ampuh Atasi Bocor Haid
Pariwisata Tanpa Media, Tak Bisa Berjalan
Pasar Puti Maifat Tambah Destinasi Digital GenPI

ke atas