NASIONAL

Selasa, 13 Maret 2018 | 10:33 WIB

Penyidik Polri yang Dipulangkan KPK Jadi Kapolres

Muhammad Yusuf Agam
Penyidik Polri yang Dipulangkan KPK Jadi Kapolres
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal (Foto: Istimewa)
INILAHCOM, Jakarta - Divisi Propam telah memeriksa AKBP Roland Ronaldy terkait dugaan pengrusakan barang bukti perkara korupsi Basuki Hariman di KPK. Hasil pemeriksaan, AKBP Roland tidak terbukti melakukan dugaan tersebut.

"Yang bersangkutan bukan dikembalikan oleh KPK. Yang bersangkutan itu masa bertugasnya di KPK sudah selesai. Kan ada aturan, kalau sudah selesai mau kembali atau tidak, yang bersangkutan mau kembali ke Polri," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal, Selasa (13/3/2018).

Iqbal mengatakan, AKBP Roland masih memiliki perjalanan karier yang panjang. Sehingga, wajar bila Roland memutuskan kembali ke Polri. "Sebagai pamen (perwira menengah) yang kariernya masih jauh di Polri, wajar itu dia mau kembali ke polisi," ujar Iqbal.


Sebelumnya Roland diisukan mendapat sanksi dari KPK terkait dugaan pengerusakan barang bukti perkara korupsi Basuki Hariman yang menyuap hakim konstitusi Patrialis Akbar. Iqbal menyampaikan tidak ada bukti yang mengarah ke Roland melakukan pelanggaran.

"Dugaan bahwa yang bersangkutan merusak barang bukti. Sudah kita tindak lanjuti, diperiksa Propam. Hasilnya, tidak ditemukan, tidak terbukti dugaan pengerusakan barang bukti itu," terang Iqbal.

Saat ini Roland dipromosikan menjadi Kapolres Cirebon Kota.
"Yang bersangkutan itu sudah saatnya menjadi Kapolres, teman-teman seangkatannya sudah jadi Kapolres, sudah saatnya," tandas Iqbal. [fad]
#KPK #Polri
BERITA TERKAIT
Polri Dorong Warga Semarakan Asian Games
KPK Sambut Baik Jika Jokowi Ingin Bertemu
KPK Cecar Petinggi Podomoro Land Soal Bupati Rita
Pj Gubernur, Iwan Bule Masih Anggota Polri Aktif
KPK Perpanjang Penahanan Fayakhun Hingga 20 Juli
Suap APBD, KPK Panggil 7 Anggota DPRD Malang
Polri Bantah Jabatan Iwan Bule Pesanan Istana

ke atas