METROPOLITAN

Selasa, 13 Maret 2018 | 10:36 WIB

Bobol 600 Website, Polisi Amankan 2 Hacker

Happy Karundeng
Bobol 600 Website, Polisi Amankan 2 Hacker
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono (Foto: inilahcom)
INILAHCOM, Jakarta - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan Subdit IV Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya berhasil mengamankan KPS dan NA dua orang peretas (hacker) karena telah membobol setidakya 600 website.

"Mereka menjebol sistem pengamanan (dengan cara hacking) dari sistem elektronik milik orang lain. Kemudian mengancam atau menakut-nakuti dengan meminta sejumlah uang," kata Argo di Jakarta, Selasa (13/3/2018).


Kedua orang ini menamakan dirinya Kelompok SBH. KPS sendiri adalah pendiri dan anggota dari kelompok SBH. Sedangkan NA merupakan peretas dan turut memeras korbannya dalam bentuk uang PayPal dan Bitcoin. Dari aksi mereka, biasanya bisa menghasilkan uang ratusan jutaan rupiah pertahun.

"Dia meminta sejumlah uang melalui metode pembayaran akun PayPal dan Bitcoin dengan alasan biaya jasa. Keduanya dibawa oleh Tim ke Satreskrim Polrestabes Surabaya untuk dilakukan pemeriksaan," bebernya.

Hingga kini polisi masih memburu empat orang rekan mereka yang buron. Atas perbuatannya, kedua pelaku dikenakan Pasal 30 jo 46 dan atau pasal 29 jo 45B dan atau 32 Jo Pasal 48 UU RI No.19 Tahun 2016 tentang perubahan UU No 11 Tahun 2008 tentang ITE dan atau pasal 3, 4, dan 5 UU RI No 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). [fad]
#Polisi #Kriminal
BERITA TERKAIT
AP Dibacok Terduga Geng Motor di Petojo
Diperiksa Polisi, Ronny Bawa Bukti Visum
Panik Saksikan Penodongan, Asih Tewas Loncat
Anies Puji Keberhasilan Arus Mudik Lebaran 2018
Diduga OD, Jenazah Ronny Ditemukan Telanjang
Ini Aturan Baru Ganjil Genap Selama Asian Games
Mayat Ditemukan Dekat Stasiun Pasar Minggu

ke atas