HIBURAN

Selasa, 13 Maret 2018 | 12:14 WIB

Riki Putra Kemas Rock-Gamelan Lewat Gamelan Rules

Aris Danu
Riki Putra Kemas Rock-Gamelan Lewat Gamelan Rules
Riki Putra (Foto: inilahcom)
INILAH.COM, Jakarta-Minimnya minat anak muda terhadap musik tradisional menjadi inspirasi bagi musisi muda, Riki Putra dalam berkarya. Riki memadukan nuansa musik rock dengan gamelan lewat album Gamelan Rules.

Musisi muda asal Balikpapan, Kalimantan Timur ini menyuguhkan genre rock-gamelan saat masih kuliah di Musician Institute, Amerika Serikat. Terkait musik hasil karyanya, Riki Putra pun tengah menyiapkan konser dengan konsep musik orchestra.

"Jangan sampai musik tradisional kita tergerus zaman, apalagi musik luar kini cepat sekali perkembangannya. Kita harus bangga dengan budaya lokal dan jangan malu untuk memperdengarkannya ke manca negara," kata Riki Putra dalam keterangan tertulis, Selasa (13/3/2018).

Riki mengatakan, musik rock sudah akrab di telinga penikmat musik Tanah Air. Ketika dipadu dengan gamelan yang punya keunikan dan cirikhas akan menjadi sesuatu yang bernilai.

"Memainkan musik rock yang dipadukan dengan gamelan mempunyai nilai tambah tersendiri. Musik rock itu sudah ramai dan peminatnya banyak. Nah, gamelan itu alat musik yang sempurna dan elegan, jadi bisa dibayangkan seperti apa megah dan menariknya ketika mendengarkan rock-gamelan," paparnya.

Selain kecintaannya terhadap musik tradisional, Riki juga menunjukkan rasa cintanya pada budaya Indonesia lewat batik. Riki juga membuka usaha kemeja jeans yang dipadukan dengan batik yang diberi nama Samskara.

"Intinya, Indonesia itu punya ribuan nilai budaya yang bisa dikembangkan. Namun pada kenyataannya, justru orang luar negeri yang memiliki minat budaya Indonesia, terbukti ketika aku mulai mempopulerkan batik Samskara saat masih kuliah di Amerika. Aneh kalau di dalam negeri kita malah enggan peduli sama budaya kita, padahal Indonesia kaya akan berbagai budaya," demikian Riki Putra. [adc]
#RikiPutra #Rock-Gamelan
BERITA TERKAIT
Penjelasan Ahmad Dhani Soal Kecelakaan Al Ghazali
Miris! Begini Kondisi Mat Solar Akibat Stroke
Target Menikah Selalu Lewat, Ini Kata Aura Kasih
Konser Dongeng Naura 3 Hadirkan Tiga Panggung
Aura Kasih Mencoba Tantangan Baru di Akting
Beef Rap Battle Cari Rapper Berbakat Indonesia
Jejak Petualang "Setouchi" Bedah Sisi Lain Jepang

ke atas