PASAR MODAL

Selasa, 13 Maret 2018 | 16:44 WIB

Bursa Saham Eropa Bergerak Naik di Awal Sesi

Wahid Ma'ruf
Bursa Saham Eropa Bergerak Naik di Awal Sesi
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, London - Bursa saham Eropa bergerak positif pada awal perdagangan Selasa pagi (13/3/2018). Investor memantau pendapatan perusahaan dan menunggu rilis data inflasi AS di kemudian hari.

Indeks acuan Eropa, Stoxx 600 sedikit berubah dari sesi sebelumnya selama transaksi pagi-pagi, dengan sektor dan bursa utama mengarah ke arah yang berlawanan. Indeks FTSE naik 0,06%, indeks DAX naik 0,2%, indeks CAC menguat 0,5%.

Saham asuransi memimpin penurunan pada hari Selasa, turun sekitar 0,3 persen di tengah berita pendapatan. Hannover Rueck adalah saham dengan kinerja terburuk di sektor ini setelah mencatat hasil setahun penuh secara rinci sesaat sebelum bel pembukaan. Saham reasuradur Jerman turun hampir 3 persen.

Sementara itu, perusahaan utilitas Eropa diperdagangkan hampir 0,5 persen lebih tinggi di tengah berita pengambilalihan. E.ON naik ke puncak benchmark Eropa setelah perusahaan tersebut mengatakan akan mengajukan penawaran pengambilalihan sukarela sebesar 5,2 miliar euro yang setara US$6,4 miliar kepada pemegang saham minoritas di Innogy selama kuartal kedua tahun 2018. Sahamnya sekitar 4,5 persen lebih tinggi.

Awal pekan ini, E.ON dan RWE mengumumkan kesepakatan yang jauh-jauh untuk secara efektif memecah jaringan energi RWE dan lengan ritel, Innogy, dan membagi asetnya di antara keduanya.

Melihat saham individual, Iliad Prancis merosot ke bagian bawah indeks sesaat setelah perusahaan tersebut melaporkan penjualan dan keuntungan tahunan yang lebih tinggi selama 2017. Kelompok telekomunikasi tersebut juga mengatakan bahwa perusahaan tersebut berada dalam tahap terakhir untuk mempersiapkan peluncurannya di Italia sebelum musim panas, Reuters melaporkan. Sahamnya lebih rendah dari 6 persen, seperti mengutip cnbc.com.

Di Asia, keuntungan terbatas menjelang data ekonomi utama di negara bagian. Indeks MSCI yang paling luas dari saham Asia Pasifik tidak termasuk Jepang, naik tipis 0,2 persen, didukung oleh kenaikan saham teknologi di Wall Street. Namun, kinerja mixed oleh saham AS semalam membuat reli.

Kembali ke Eropa, Kantor Anggaran untuk Manajemen Anggaran Inggris akan menerbitkan prospek ekonomi dan fiskal musim semi pada hari Selasa. Menteri Keuangan Philip Hammond diperkirakan mengatakan ekonomi Inggris berada dalam kondisi yang lebih baik daripada yang diantisipasi tak lama setelah tengah hari.

Pertumbuhan upah menakut-nakuti pasar setelah laporan pekerjaan Januari, tapi apa yang bisa menjadi batu sandungan berikutnya untuk pasar bull ini?

#BursaSaham #DolarAS #IHSG
BERITA TERKAIT
Inilah Alasan Wall Street Bisa Bergerak Datar
AS Sukses Pengaruhi Produsen Minyak Global
Bursa Saham Asia Mampu Lanjutkan Penguatan
IHSG Berakhir Gagah 62 Poin di Angka 6.178
Apa Kejutan Terbaru dari ECB?
Rehat Siang, IHSG Kantongi Cuan 55 Poin di 6.171
Jepang Segera Gunakan Pekerja Ahli Asing

ke atas