EKONOMI

Selasa, 13 Maret 2018 | 20:01 WIB

Moratorium Taxi Online Untungkan Driver, Tapi..

Indra Hendriana
Moratorium Taxi Online Untungkan Driver, Tapi..
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (Foto: inilahcom)
INILAHCOM, Jakarta - Moratorium alias penghentian pendaftaran taxi onlie baru, dinilai menguntungkan para driver. Sebab, dengan aturan ini pendapatan driver akan terjaga.

Yang dirugikan aplikator. Sebab (aplikator) bertumpu pada jumlah driver, tidak pada jumlah yang diagkut. Jadi konsep moratorium itu untuk menyelamatkan driver, kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi usai rapat kerja dengan Komisi V DPR Jakarta, Selasa (13/3/2018).

Budi Karya, menyebut penghentian pendaftaran driver baru taxi online karena kuota pada masing-masing wilayah sudah melampaui batas. Ini berimbas menurunnya pendapatan driver.


Sekarang ada satu tempat yang potensialnya ada 100 penumpang dengan 10 driver berarti probabilitasnya mendapatkan 10 penumpang. Kemudian (nambah) ada 50 driver maka mendapatkan dua penumpang. Moratorium ini driver dapat mempertahankan jumlah penumpang, kata dia.

Dengan pendapatan yang terjaga, kata dia, para driver juga diyakini bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dan bagi pemilik mobil yang masih kredit bisa membayar cicilan alias macet kreditnya. Maka untuk waktu tertentu kami berlakukan moratorium, ujar dia.

Meski keberadan taxi online sudah melampaui batas, namun pihaknya tidak menghentikan para driver yang sudah terdaftat sebelum ada moratorium ini. Kami tidak ingin yang sudah ada dihapus, kata dia. [hid]

#MenhubBudi #UjiBerkala #TaksiOnline
BERITA TERKAIT
Jor-joran Bikin Mudik Gratis, PO Bus Kritik Budi
Peringatan Keras Budi untuk Tradisi Lepas Balon
Waktu Tepat Balik Jakarta, Menhub Budi Saran Ini
(Arus Mudik 2018) Pergerakan Pesawat di Bandara Soetta Naik 4,5%
Maskapai Merah Putih Dapat Kabar Baik dari Eropa
Drive Thru Manjakan Penumpang Bandara Soetta
2019, Budi Ingin Naikkan Jumlah Pemudik Gratis

ke atas