EKONOMI

Rabu, 14 Maret 2018 | 00:17 WIB

Bekasi Jalan, Ganjil-Genap Segera di Tol Tangerang

Indra Hendriana
Bekasi Jalan, Ganjil-Genap Segera di Tol Tangerang
(Foto: inilahcom/Agus Priatna)
INILAHCOM, Jakarta - Kebijakan ganjil genap yang berjalan di tol Bekasi Barat dan Timur, juga akan segera berlaku di pintu Tol Tangerang-Jakarta.

Ini dilakukan agar kemacetan di tol tersebut terurai. "Yang bisa hanya di Tangerang, kebijakan serupa di tol Bekasi Barat dan Timur karena menghubungkan dengan wilayah Jakarta Barat," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai rapat kerja di Komisi V DPR Jakarta, Selasa (13/3/2018).


Sementara untuk wilayah lain, kata dia, yakni jalur Jakarta-Bogor dan Jakarta-Depok tak bisa diterapkan kebijakan serupa. Sebab, kata Budi, kedua tol itu memiliki akses jalan dan masalah berbeda. "Kami nanti analisa. Tangerang yang paling mungkin diberlakukan seperti di Bekasi kalau Depok dan Bogor tidak bisa," ujar dia.

Menurut dia, kebijakan ganjil-genap di Bekasi sudah mampu menuai manfaat yang besar untuk seluruh masyarakat seperti kecepatan jalan tol Jakarta Cikampek naik dari 20 menjadi 70 km per jam. Hal itu juga disokong kebijakan jalur khusus bus dan pembatasan angkutan barang.

Ia menampik bahwa kebijakan tersebut membuat kemacetan baru di jalan alternatif Jakarta Bekasi. Pasalnya bus yang sudah disiapkan untuk mensukseskan kebijakan ini sudah mulai dipenuhi masyarakat. "Nyatanya saat ini tidak terjadi kemacetan akibat kebijakan tersebut di Kalimalang," kata dia. [hid]
#MenhubBudi #SistemGanjiGenap
BERITA TERKAIT
Menhub Pastikan Asuransi Bagi Korban Sinar Bangun
Ini Evaluasi Menhub Bagi Penyeberangan Danau Toba
Prabowo Kritik LRT, Bang Yos: Hanya Bikin Gaduh
Menhub Segera Tingkatkan Aspek Pelayaran
Mudik Gratis Kapal Laut Sukses, Dirjen Hubla Puas
Pertamina Bantu Korban Kapal Karam di Danau Toba
(Mudik Lebaran 2018) Pergerakan Pesawat Bandara Soetta Naik 6,49%

ke atas