NASIONAL

Selasa, 13 Maret 2018 | 21:23 WIB

Kerap Kecelakaan, Tanjakan Emen Akan Dibuat Landai

Indra Hendriana
Kerap Kecelakaan, Tanjakan Emen Akan Dibuat Landai
(Foto: Istimewa)
INILAHCOM, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya bersama dengan pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mencarikan solusi agar kecelakaan lalu lintas di tanjakan emen tidak terjadi lagi.

Caranya, kata Budi, tanjakan emen akan dibangun lebih luas dan landai. Budi Karya mengatakan hal ini sudah dikomunikasikan bersama pihak terkait.

"Kami sudah bicara ke pemda Jabar, untuk melakukan perubahan kontruksi tanjakan Emen supaya lebih aman, nyaman juga landai dan sekarang sudah masuk kontruksi," kata Budi usai rapat kerja dengan Komisi V DPR RI, Jakarta, Selasa (13/3/2018).

Pembangunan tanjakan ini, kata dia, direncanakan selesai dalam waktu empat bulan. Bukan hanya membuat jalan landai, jumlah rambu lalu lintas di tanjakan yang kerap memakan korban jiwa itu juga akan diperbanyak.


"Ini sedang konstruksi, mungkin 3-4 bulan yang akan datang tanjakan itu berubah Jauh lebih rendah, lebih aman, lebih lebar berikut rambunya juga," kata dia.

Sebelumnya, insiden kecelakaan maut ini terjadi pada Sabtu sore, 10 Februari 2018. Pada saat itu, bus pariwisata yang membawa rombongan wisatawan Koperasi Simpan Pinjam Permata Ciputat, Tangerang Selatan melaju dari arah Bandung ke Subang.

Saat di tanjakan Emen, bus melaju tak terkendali hingga menabrak sepeda motor bernomor polisi T 4382 MM. Bus lantas menabrak tebing sebelah kiri jalan hingga terguling di bahu jalan. Akibat kejadian ini, sebanyak 27 orang tewas dan lainnya mengalami luka.

Kemudian yang terbaru, kecelakaan sebuah minibus Isuzu dengan nomor polisi E-7548-PB terjadi di Tanjakan Emen, Subang, Jawa Barat, sekitar pukul 12.15 WIB, Senin (12/3).

Dalam keterangan yang diperoleh dari Biro Penerangan Masyarakat Divisi Hubungan Masyarakat Polri, kecelakaan tersebut menyebabkan 16 orang mengalami luka-luka.[jat]
#Kecelakaan #TanjakanEmen #Subang
BERITA TERKAIT
Pick-Up Ditabrak Trailer, 1 Meninggal, 3 Luka-luka
Kecelakaan Bus di Kertosono, 3 Orang Meninggal
Oleng, Mobil PLN Kecelakaan di Sampang
KPU Puncak Lindungi Paslon Berijazah Palsu?
Sudiwardono Ucap Terima Kasih ke Hakim dan Jaksa
Sidang Pleidoi, Sudiwardono Nyanyi
(Penyerangan Polsek Maro Sebo) Polri: Belum Ada Indikasi Terkait Terorisme

ke atas