EKONOMI

Rabu, 14 Maret 2018 | 02:29 WIB

Permenhub 108 Bukti Jokowi Peduli Driver Online

Permenhub 108 Bukti Jokowi Peduli Driver Online
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Arief Puyuono
INILAHCOM, Jakarta - Terbitnya Peraturan Menteri No 108 bukti kepedulian Pemerintahan Joko Widodo terhadap nasib driver online. Karena, driver online termasuk pekerja informal.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Arief Puyuono menerangkan, memang harus ada perlindungan berbentuk badan hukum sebagai pengelola transportasi berbasiskan online. Agar, nasib para driver online bisa semakin jelas.

Ketika terjadi kecelakaan kerja atau tindakan yang merugikan masyarakat penguna jasa transportasi online, pertanggung jawabannya jelas. "Badan hukum yang menghimpun driver online bisa dimintai pertanggung jawaban jika ada default dalam pengoperasian Transportasi online," kata Arief kepada wartawan di Jakarta, Selasa (13/3/2018).

Selain itu, kata Arief, badan hukum yang menghimpun driver online, bertujuan untuk menjaga kualitas layanan tranportasi online. Perlu seleksi ketat terhadap driver yang ingin masuk ke transportasi online. Tidak hanya faktor skill namun juga pengetahuan terkait rambu-rambu lalu lintas.

"Kendaraan yang digunakan juga harus uji kelayakan (uji kir), sebab transportasi online itu masuk katagori angkutan umum. Sehingga kelaikan kendaraan harus bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi konsumen," ujar Arief.

Terkait pernyataan Anggota DPR asal PDIP, Adian Napitupulu yang seolah memberikan pembelaan kepada driver online, justru berpeluang menciptakan ketidak-tertiban kepada pengendara transportasi online

"Permenhub 108 Tahun 2017 merupakan sebuah payung hukum untuk membuat transportasi online lebih professional. Eh malah ada yang menolak, gimana ya. Kasian juga Pak Jokowi kurang didukung kader parpolnya," papar Arief. [tar]
#TaksiOnline #OjekOnline #MenhubBudi #PresidenJokowi
BERITA TERKAIT
Perjuangan Driver Ojol Naikkan Tarif Terbelah
Kerja Keras Jokowi Tekan Impor Mulai Terlihat
Jokowi Bujuk Cheko Tolak Diskriminasi Sawit
Kritik Pengamat untuk Poros Maritim Joko Widodo
Ini Kritik Sandi untuk Kebijakan Ekonomi Jokowi
Menhub Berharap Boeing 737 ke Bandara Palopo
Ganti Menteri, Menyelamatkan Negeri?

ke atas