DUNIA

Rabu, 14 Maret 2018 | 06:09 WIB

Taliban Ingin Negosiasi Akhiri Perang

Taliban Ingin Negosiasi Akhiri Perang
Pasukan Taliban (Foto: istimewa)



INILAHCOM, Kabul--Menteri Pertahanan AS Jim Mattis mengatakan faksi-faksi kecil pasukan Taliban yang memerangi Pemerintah Afghanistan yang didukung AS telah menyatakan minatnya untuk menegosiasikan diakhirinya perang yang telah berlangsung 16 tahun di negara itu.

Mattis menyampaikan isyarat tersebut, Selasa (13/3) sebelum tiba di Kabul dalam sebuah kunjungan tanpa pemberitahuan sebelumnya untuk membahas rencana Presiden Ashraf Ghani membuka perundingan perdamaian dengan Taliban.

Mantan Jenderal Marinir itu mengatakan bahwa "mungkin agak terlalu jauh" untuk mengharapkan pasukan Taliban duduk di meja perundingan dalam satu kesempatan.

Taliban sebelumnya menawarkan untuk mengadakan pembicaraan mengenai kemungkinan kesepakatan damai, namun hanya secara langsung dengan AS, yang ditolak Mattis.

"Kami ingin agar warga Afghanistan memimpin dan memberikan substansi pada upaya rekonsiliasi," katanya kepada para wartawan.

Mattis mengatakan bahwa kemenangan terakhir di Afghanistan nantinya adalah rekonsiliasi politik antara Kabul dan Taliban, dengan negara yang mampu menangani keamanannya sendiri. [voa/lat]

#taliban #nego #perang
BERITA TERKAIT
(Menghormati Idul Fitri) Militan Taliban dan Tentara Afghanistan Berpelukan
Taliban Ingin Dialog Langsung dengan AS
Tiga Hari Idul Fitri, Taliban Hentikan Serangan
WHO Masukkan Kecanduan Game Sebagai Penyakit
24 Juni, Wanita Saudi Boleh Menyetir Lintas Negara
68 Juta Orang di Seluruh Dunia Mengungsi
(Kebijakan nol-toleransi Trump) Rekaman Audio Anak-anak yang Menjerit, Ketakutan

ke atas