NASIONAL

Rabu, 14 Maret 2018 | 04:00 WIB

Unggul di Debat, RINDU Berhasil Yakinkan Pemilih

Ajat M Fajar
Unggul di Debat, RINDU Berhasil Yakinkan Pemilih
Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (RINDU) (Foto: istimewa)
INILAHCOM, Bandung - Hasil jajak pendapat yang dilakukan oleh Litbang Kompas kepada responden warga Jabar yang menonton acara debat publik cagub Jabar, Selasa, 12 Maret lalu, menempatkan Paslon Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (RINDU) unggul dibanding paslon lain.

RINDU memperoleh apresiasi tertinggi sekitar 41,2 persen dari publik Jabar yang menonton debat di Kompas TV. Paslon ini mendapat nilai rata-rata baik dalam penguasaan masalah, program kerja dan cara berkomunikasi.

Posis kedua ditempat paslon Deddy mizwar-Deddy Mulyadi dengan 32,0 persen, kemudian disusul paslon ketiga dan ke-4, yakni TB Hasanyddin-Anton Charliyan (8,3) persen dan Sudrajat-Akhmad Syaikhu (4,1 persen).


Jajak pendapat dilakukan Litbang Kompas melalui telepon kepada warga Jabar yang menonton acara tersebut. Pertanyaan yang diajukan adalah mengenai performa masing-masing pasangan calon.

Menanggapi hasil jajak pendapat Litbang Kompas, calon Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan, pada dasarnya pasangan RINDU memberikan jawaban yang sangat praktikal mudah dipahami, sehingga dalam proses debat tidak beretorika, menggunakan kalimat-kalimat yang panjang. "Kami fokus pada pertanyaan, pada solusi," ujarnya di Bandung, Selasa (13/3/2018).

Kenapa banyak mengutif Bandung, lanjut Ridwan Kami, karena pada dasarnya setengah dari visi misi RINDU yang bagus di Bandung dan Kabupaten Tasikmalaya tentulah akan dibawa ke level Jabar. Jawaban-jawaban yang praktikal diwaktu yang pendek, kelihatannya membuat gaya komunikasi pasangan RINDU ini lebih mudah difahami.

"Jika hasilnya ternyata mendapat respon positif itu artinya itu sesuai dengan harapan kami," kata Kang Emil, sapaan akrab Wali Kota Bandung ini.[jat]
#PilgubJabar2018 #PilkadaSerentak2018 #RidwanKamil
BERITA TERKAIT
Uu Ajak Peserta Nyanyi Yalal Wathon Minal Iman
(Pilkada Serentak 2018) Ini Ketentuan&Tata Cara Pemungutan Suara Pilkada
Pasangan RINDU Disambut Empat Zona Budaya
Jokowi KW Hadir di Kampanye Akbar RINDU
(Penggeledahan Rumah Dinas Demiz) Ini Klarifikasi Pemprov Jabar Soal Tudingan SBY
(Pilkada Serentak 2018) Pilkada, KPU Minta 27 Juni 2018 Libur Nasional
(Pilkada Serentak 2018) Megawati:Jangan Tertipu Figur yang Kasar ke Rakyat

ke atas