BOLA

Rabu, 14 Maret 2018 | 05:54 WIB
(Leg II Babak 16 Besar Liga Champions)

Gol Dzeko Loloskan Roma ke Perempatfinal

Arif Budiwinarto
Gol Dzeko Loloskan Roma ke Perempatfinal
(Foto: gettyimages)
INILAHCOM, Roma - AS Roma meraih kemenangan tipis 1-0 atas Shakhtar Donetsk, Roma lolos ke perempatfinal Liga Champions Eropa berkat keunggulan gol tandang.

Bermain di depan publik Stadion Olimpico Roma, Rabu (14/3/2018) dini hari WIB, Roma bermain menekan sejak menit awal. Edin Dzeko melepaskan percobaan di dalam kotak penalti, bola masih tepat ke pelukan Andriy Pyatov.

Shakhtar gantian mengancam gawang tuan rumah di menit kesepuluh, sepakan bebas Bernard ke kotak penalti bisa dibelokkan oleh Alessandro Florenzi, hanya berbuah sepak pojok.

I Giallorossi yang butuh gol terus menekan, menit ke-32 Facundo Fereyra melepaskan sepakan yang masih melebar. Kemudian upaya Diego Perotti di menit ke-37 yang juga melebar. Sampai babak pertama usai skor 0-0 tak berubah.

Di babak kedua, jalannya pertandingan tak berubah, Roma masih medominasi penguasaan bola.

Mereka akhirnya bisa memecah kebuntuan di menit ke-52, Kevin Strootman mengirim umpan terobosan kepada Dzeko yang lolos dari jebakan offside. Pyatov maju tetapi Dzeko terlebih dulu menyontek bola dan melewati kiper Shakhtar tersebut.

Unggul 1-0 membuat Roma semakin bersemangat mencari gol lainnya. Dzeko hampir saja menambah keunggulan di menit ke-62 andai sepakan kerasnya di area penalti tidak digagalkan Pyatov.

Shakhtar yang tengah berusaha mengejar ketertinggalan malah harus bermain dengan 10 orang setelah Ordets dikartu merah setelah menjatuhkan Dzeko yang menuju gawang.

Shakhtar mendapat kesempatan bagus di menit ke-87, sayang Alan Patrick gagal memaksimalkan tendangan bebas, bola kirimannya mengenai pagar betis. Skor 1-0 bertahan hingga laga usai.

Dengan skor tersebut maka agregat jadi imbang 2-2, Roma berhak lolos karena unggul dalam gol tandang. Di kandang Shakhtar, Serigala Ibukota mampu mencetak satu gol meskipun menelan kekalahan 2-1.

Susunan pemain:

Roma:
Alisson; Alessandro Florenzi, Kostas Manolas, Federico Fazio, Aleksandar Kolarov; Radja Nainggolan, Daniele De Rossi, Kevin Strootman; Cengiz Under (Gerson Santos 65'), Edin Dzeko (Stephan El Shaarawy 90'), Diego Perotti

Shakhtar: Andriy Pyatov; Bogdan Butko, Ivan Ordets, Yaroslav Rakitskiy, Ismaily; Fred, Stepanenko (Patrick 74'); Marlos (Dentinho 82'), Taison, Bernard; Facundo
#LigaChampions #ASRoma #Shakhtar
BERITA TERKAIT
Katia: Mereka Ingin Hancurkan Ronaldo
Bisakah Ronaldo Tampil Lawan MU?
Di Francesco: Madrid adalah Tim Juara
Totti Sempat Bujuk Ronaldo dan Ibra ke Roma
Capaian Berkesan Spalletti, Bawa Inter ke UCL
Terima Kasih Pogba untuk Mourino dan Rekan Setim
Dianggap Diskriminasikan Wanita, Can Minta Maaf

ke atas