NASIONAL

Rabu, 14 Maret 2018 | 10:31 WIB

Pesawat Batik Air Terperosok di Manokwari

Fadhly Zikry
Pesawat Batik Air Terperosok di Manokwari
(Foto: Istimewa)
INILAHCOM, Jakarta - Pesawat Batik Air jenis Airbus A320-200 CEO beregistrasi PK-LAJ yang terperosok di di Bandara Rendani, Manokwari, Papua Barat. Beruntung pesawat itu kini sudah berhasil dievakuasi.

"Saat ini pesawat berada di landas parkir (apron) Bandar Udara Rendani, Manokwari, Papua Barat. Operasional penerbangan di bandar udara telah dinyatakan kembali normal, efektif mulai Rabu 14 Maret 2018," kata Corporate Communications Strategy Batik Air Danang Mandala Prihantoro melalui keterangan tertulisnya yang diterima, Rabu (14/3/2018)..

Batik Air dengan nomor penerbangan ID 6155 rute Bandar Udara Rendani, Manokwari (MKW) menuju Bandar Udara Domine Eduard Osok, Sorong (SOQ) yang sedianya akan lepas landas (take off) pada pukul 12.50 WIT mengalami pembatalan penerbangan.

Pesawat yang melayani penerbangan sejak dari Surabaya tersebut dengan pimpinan Kapten Penerbang Rudi Jaya Sakti, membawa 123 penumpang beserta tujuh awak pesawat.

Sewaktu bersiap lepas landas dari Bandar Udara Rendani Manokwari, pesawat harus memutar arah untuk posisi tepat. Ketika pesawat berputar, pilot merasakan sesuatu yang tidak lazim dan langsung memberhentikan pesawat guna meyakinkan keselamatan penumpang, kru dan penerbangan.

Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata ban sebelah kanan pesawat keluar dari landas pacu kurang lebih 70 centimeter, mengakibatkan ban masuk atau amblas beberepa centimeter. Seluruh penumpang dan kru pesawat dalam keadaan selamat.

Pihaknya akan melakukan penyelidikan lebih lanjut atas kejadian ini untuk nanti dapat diberikan rekomendasi sehingga dapat menghindari kejadian tersebut terulang kembali Batik Air. [tar]
#BatikAir
BERITA TERKAIT
Prabowo Minta Neno Jadi Wakil Ketua Timses
PAN: Belum Ada Ketua MUI Terlibat Politik Praktis
764 Polisi Siap Amankan Pemilu di Malang
Tagana PB PMII Kirim Bantuan Korban Gempa Lombok
TGB Sambut Baik Kepala Daerah Dukung Jokowi-Ma'ruf
Irvanto Cabut BAP Soal Terima 500 Dolar Singapura
Sandi Ajak Anak Muda Berkontribusi untuk Bangsa

ke atas