HIBURAN

Rabu, 14 Maret 2018 | 12:15 WIB

Apa Kabar Waljinah, Usai Terbaring Lemah 9 Bulan?

Aris Danu
Apa Kabar Waljinah, Usai Terbaring Lemah 9 Bulan?
Waljinah (Foto: inilahcom)'
INILAH.COM, Jakarta-Penyanyi keroncong legendaris Waljinah kini tak bisa beraktifitas dengan leluasa setelah menggunakan kursi roda. Kesehatannya sempat terganggu yang membuatnya tak bisa beranjak dari tempat tidur.

Menurut penuturan Ari, anak keempat Waljinah yang selalu mendampinginya, kondisi sang ibu saat ini sudah jauh lebih baik. Sebelumnya, pelantun tembang Walang Kekek itu harus berjuang melawan sakit di perutnya.

"Waktu itu 9 bulan hampir enggak bisa turun dari tempat tidur. Soalnya kalau dahar (makan) itu bangun, keluar lagi, dahar keluar lagi. Asupannya itu cuma susu sama air putih," kata Ari bersama Waljinah saat peluncuran keyboard PSR-S975 dan PSR-S775 di gedung Yamaha Musik, Jalan Jendral Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (13/3/2018).

Perempuan 72 tahun ini baru satu tahun belakangan ini mulai beraktifitas lagi setelah kesehatannya berangsur membaik. Namun Waljinah masih harus menggunakan kursi roda.

"Baru satu tahun belakangan ini akhirnya bisa bangun. Setelah diterapis di daerah Sukoharjo. Akhirnya masuk dahar lagi. Waktu itu ibu kurus banget," ujar Ari.

Penyanyi keroncong asal Solo, Jawa Tengah itu mengalami gangguan pencernaan yang diakibatkan stagen. Selama menjadi penyanyi, Waljinah tak lepas dari stagen ketika tampil mengenakan kebaya. Hal itu rupanya mengakibatkan pencernaannya terganggu.

"Yang di Indoskopi ada gangguan pencernaannya, karena mungkin ibu sering berkebaya pakai stagen. Waktu dulu kan stagennya rapet banget. Kalau sudah pakai stagen itu kan makan saja sudah nggak mau, kalau sudah pakai kebaya itu kan sudah nggak mau. Kalau wayangan kan naik jam 8 malam jam 3 atau jam 4 pagi baru turun. Jadi itu ada sedikit apa ya usus ini ada gesek-gesekan," papar Ari.

Setelah kesehatannya membaik, kini Waljinah lebih banyak menghabiskan waktu di sanggar kesenian miliknya di Solo. Meski tak seaktif dulu, maestro keroncong itu tetap melakukan latihan di sanggar miliknya.

"Di rumah aja. Kalau sanggar tetap, kalau ibu mau latihan ya latihan, kadang ibu mau kemana ya kemana main," kata Ari. [adc]
#Waljinah #PenyanyiKeroncong
BERITA TERKAIT
(Film Something In Between) Slamet Rahardjo Protes Dapat Peran Sebagai Figuran
(Film Arwah) Bukan Kerasukan, Zaskia Gotik Pingsan Karena Ini
Zaskia Gotix Pingsan di Panggung, Penonton Bubar!
Pintu Depan Libatkan Polisi di Video Klip Perdana
(Something In Between) Jefri Nichol dan Rachel Rawles Kembali Bersanding
Potret Kedekatan Anji dengan Buah Hati
Barasuara Rilis "Guna Manusia" Sebelum Album Kedua

ke atas