NASIONAL

Rabu, 14 Maret 2018 | 12:27 WIB

Kapolri Bicara Soal Panasnya Pilgub DKI 2017

Muhammad Yusuf Agam
Kapolri Bicara Soal Panasnya Pilgub DKI 2017
Kapolri Jenderal Tito Karnavian (Foto: inilahcom)
INILAHCOM, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian bicara soal panasnya Pligub DKI Jakarta 2017.

Pernyataan Tito itu disampaikan saat Rapat Kerja (raker) bersama Komisi III DPR di kompleks parlemen, Rabu (14/3/2018). Tito bicara hal itu mengacu pada gelaran Pilkada serentak 2018 di 171 daerah yang kemungkinan kecil akan panas seperti Pilgub DKI Jakarta 2017.

"Situasi Pilkada DKI kecil kemungkinan terjadi di 171. Kenapa? Karena case di Jakarta paling tidak ada 4 faktor yang membuat situasi relatif cukup panas," kata Tito.

Tito mengungkapkan salag satu alasan Pilgub DKI 2017 cukup panas yaknk karena faktor salah satu pasangan calon. Faktor yang dimaksud yakni faktor agama, ras dan sentimen yang cukup tinggi.


"Pertama latar belakang salah satu calon, keagamaan, keturunan, ditambah ada beberapa pihak kurang nyaman cara berbicara salah satu calon," jelas Tito.

Faktor selanjutnya menurut Tito, yakni karena partai pendukung pasangan calon. Kata dia, Parpol yang mengusung pasangan calon di Pilgub DKI 2017 itu punya sentimen yang sangat tinggi. Namun faktor itu diyakini tak akan terjadi di Pilkada 2018.

"Komponen keempat, parpol pendukung pemerintah dan oposisi. Namun di 171 daerah tahun ini, unsur keempat cukup signifikan untuk tidak terjadi karena banyak crossing-sharing parpol pemerintah dan oposisi mengusung calon tertentu," ungkap Tito.

Pilgub DKI 2017 diikuti 3 pasangan calon Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Dalam prosesnya, Anies-Sandi memenangkan Pilgub DKI dengan perolehan suara 58%. [rok]
#Polri
BERITA TERKAIT
SBY Kritik TNI, Polri & BIN, Ini Kata Demokrat
(Sebut TNI, Polri & BIN Tidak Netral) PD: SBY Dapat Informasi dari Sumber Terpercaya
Aman Divonis Mati, Ini Kata Polri
Polri Dorong Warga Semarakan Asian Games
Pj Gubernur, Iwan Bule Masih Anggota Polri Aktif
Polri Bantah Jabatan Iwan Bule Pesanan Istana
Polri: Jangan Berpolemik Soal Iwan Bule

ke atas