DUNIA

Rabu, 14 Maret 2018 | 16:10 WIB

Tillerson Tak Menyangka Akan Dipecat oleh Trump

Tillerson Tak Menyangka Akan Dipecat oleh Trump
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Washington--Keputusan Presiden AS Donald Trump untuk mengganti Menteri Luar Negeri Rex Tillerson dengan Direktur CIA Mike Pompeo merupakan kejutan bagi diplomat tertinggi itu.

"Menteri tidak berbicara kepada presiden dan tidak mengetahui alasannya, tapi ia berterima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk mengabdi," kata Wakil Menlu Steve Goldstein dalam pernyataan, Selasa (13/3), atau Rabu (14/3) WIB. "Menteri sebelumnya berniat untuk terus menjalankan tugasnya karena kemajuan penting yang telah dicapai dalam keamanan nasional."

Tak lama setelah merilis pernyataan itu, Wakil Menteri Luar Negeri Goldstein juga dipecat oleh Gedung Putih.

Pengumuman pemecatan itu disampaikan hanya beberapa jam setelah Tillerson kembali dari lawatan seminggu ke lima negara Afrika.

Pemberhentiannya diumumkan secara resmi oleh presiden melalui Twitter. "Mike Pompeo, Direktur CIA, akan menjadi menteri luar negeri yang baru. Ia akan melakukan pekerjaan yang fantastis. Terima kasih kepada Rex Tillerson atas pengabdiannya! Gina Haspel akan menjadi Direktur baru CIA, dan perempuan pertama untuk jabatan itu. Selamat untuk semuanya!" [voa/lat]

#trump #pecat #menlu
BERITA TERKAIT
Ini Cara Rusia Bantu Menangkan Trump di Pilpres
Mantan Pengacara Trump Dihukum 3 Tahun Penjara
Lagi, Staf Penting Donald Trump Mundur
Jerman Ganti Rugi Anak-anak Penyintas Holokos
Tunggu AS, Turki Bersiap Serang Kurdi di Suriah
Pengadilan India Hukum Politisi Seumur Hidup
(Penyelidikan 1MDB) Malaysia Dakwa 2 Pegawai Goldman Sachs

ke atas