EKONOMI

Jumat, 16 Maret 2018 | 10:55 WIB

Menteri LHK, Ada Puluhan Spot Sampah Liar di Bali

Indra Hendriana
Menteri LHK, Ada Puluhan Spot Sampah Liar di Bali
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya mengungkap, ada 52 spot sumber sampah di Bali tidak terkontrol.

Ini diketahui setelah dilakukan telaah mengenai sumber sampah di Bali. Ada 52 spot sumber sampah di Bali yang tanda kutip tidak terkontrol oleh pemerintah daerah dan ini kami minta untuk tangani, kata Siti di Kantornya, Jakarta, Kamis (15/3/2018).

Namun begitu dia tidak merincikan dimana saja spot sampah tersebut. Yang pasti, kata dia, pihaknya akan turun tangan untuk menyelesaikan. Pasalnya, masalah sampah harus ditangani bersama. Jadi kami akan tangani yang 52 spot sampah di Bali. Mungkin caranya dengan daur ulang, ujar dia.

Daur ulang sampah itu, lanjut Siti, bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya, pengolahan sampah menjadi energi atau yang lainnya.

Sambil berjalan juga disisi lain juga, ada usaha-usaha resque energi itu kan hal yang berbeda jadi sampah-sampah yang dicolek mau dijadikan apa gitu, dijadikan energi oke itu ada tekniknya itu di ESDM

Mengenai permasalahan sampah di Laut Bali yang sempat mencuat beberapa waktu lalu, papar Siti, pihaknya sudah melakukan penanganan. Menurut, dia sampah itu kebanyakan berasal dari darat.

Pada dasarnya sampah laut itu bersumber dari darat 80 % dari lautnya sendiri paling 20 %. Peristiwa yang tanggal 3 maret itu sebetulnya berdasarkan penelaahan analisis datangnya itu dari arus laut karena next day sehari setelah itu engga ada lagi sampahnya, ujar dia.

Kendati demikian, dia mengatakan akan tetap melakukan pengelolaan sampah di laut Bali. Sebab, lanjut dia, Bali sebagai kota yang banyak dikunjungi wisatan, menghasikan sampah yang banyak.

Di Bali sendiri saya mengikuti itu aktivitas masyarakatnya cukup kuat. LSM juga banyak selain itu swasta juga terlibat disna. Mereka kirim truk ambilin sampah, mereka kasih bak sampah. Mereka kerja keras juga, kata dia. [hid]

#LHK
BERITA TERKAIT
(Penanganan Kasus Karhutla) Pakar: Penerapan Strict Liability tidak Tepat
KLHK Dorong Peran Masyarakat dalam Perubahan Iklim
Penting! Partisipasi Masyarakat di Perubahan Iklim
Menteri LHK: PLTA Batangtoru tak Ganggu Orangutan
RI Komitmen Berjuang untuk Kelestarian Burung Air
Pramuka Cetak Generasi Milenial Ramah Lingkungan
Kinerja Penegakan Hukum KLHK Raih Apresiasi Polri

ke atas