DUNIA

Jumat, 16 Maret 2018 | 20:25 WIB

Trump Siap Pecat Penasihat Keamanan

Trump Siap Pecat Penasihat Keamanan
Penasihat Keamanan Nasional AS H.R. McMaster dan Presiden AS Donald Trump (Foto: Time)

INILAHCOM, Washington -- Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah memutuskan untuk mengganti H.R. McMaster sebagai penasihat keamanan nasionalnya, The Washington Post melaporkan, Kamis (15/3).

Post, yang dikutip VOA, Jumat (16/3) mengatakan presiden tidak ingin terburu-buru mengumumkan pemecatan itu agar tidak mempermalukan Jenderal Angkatan Darat tiga bintang tersebut.

Pemberhentian McMaster adalah bagian dari perombakan jajaran atas pemerintahan Trump, yang memicu kekhawatiran akan ada pemecatan lain di Gedung Putih, kata harian tersebut.

"Akan selalu ada perubahan," kata Presiden Trump kepada wartawan, Kamis. "Dan saya kira Anda ingin melihat perubahan, saya juga ingin melihat ide berbeda-beda."

Juru bicara Gedung Putih, Sarah Huckabee Sanders, dalam jumpa pers di Gedung Putih diminta untuk menggambarkan hubungan saat ini antara Trump dan McMaster.

"Presiden dan Jenderal McMaster terus bekerja sama untuk menekan Rusia untuk melakukan hal yang benar. Sekali lagi, saya kira Anda bisa melihat sudut pandang pemerintah dengan melihat tindakan yang diambil hari ini dengan memberlakukan sanksi baru kepada Rusia," kata Sanders.

Namun selama beberapa minggu terakhir ini Trump berselisih dengan McMaster.

Presiden Trump bulan lalu menegur McMaster setelah penasihat keamanan nasional itu mengatakan campur tangan Rusia dalam pemilu 2016 "tidak dapat dibantah." [voa/lat]

#trump #pecat #penasehat #keamanan
BERITA TERKAIT
Pilpres AS 2016, Tak Ada Kolusi Trump-Rusia
Trump Semakin Keras terhadap Imigran
Isu Nuklir Korut Bayangi Menhan Jepang ke AS
Wartawati Tewas Saat Kerusuhan di Irlandia Utara
Tiket Olimpiade 2020 Bisa Diperoleh Mulai 9 Mei
Lapor Pelecehan Seksual, Perempuan Dibakar Mati
Korut Tolak Menlu AS Terlibat Perundingan Nuklir

kembali ke atas